Sponsors Link

9 Obat Tradisional Kelebihan Darah Putih Aman Dikonsumsi Setiap Hari

Sponsors Link

Sel darah putih atau leukosit mempunya peranan penting dalam tubuh yakni membantu melawan infeksi. Jadi pada dasarnya leukosit merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang menghancurkan virus, bakteri maupun jamur yang menjadi penyebab infeksi.  Kelebihan sel darah putih mengindikasikan bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Namun sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak baik bahkan berbahaya terhadap kesehatan.

ads

Kelebihan sel darah putih ini dapat disebabkan karena adanya stres, infeksi, gangguan sumsum tulang belakang, merokok dan sebagainya. Peningkatan leukosit dalam tubuh harus ditangani sesegera mungkin. Berikut disajikan obat tradisional kelebihan darah putih yang patut Anda coba. Obat-obat tradisional berikut sangat mudah Anda temukan  dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Bayam

Kandungan folat dalam bayam dapat membantu produksi dan pemeliharaan sel-sel baru. Selain itu dengan mengonsumsi bayam secara rutin dapat menurunkan kelebihan leukosit dan mencegah terjadinya kanker darah atau leukemia. Tidak hanya itu bayam juga merupakan salah satu makanan penurun darah tinggi yang bagus dikonsumi untuk menurunkan gejala darah tinggi. Sebaiknya makanlah bayam mentah atau dimasak sebentar untuk mendapatkan manfaat-manfaat ini.

  1. Kacang Polong Hijau

Kandungan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolat, carotenoid dan polyphenol dalam kacang polong hijau dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, kacang polong hijau juga dapat mecegah penuaan dini serta sebagai penambah sumber energi alami.

  1. Gandum

Obat tradisional kelebihan darah putih selanjutnya adalah dengan mengonsumsi gandum yang berupa sereal dengan satu gelas susu setiap hari.  Dalam ½ gelas gandum sudah setara dengan 10 gram serat yang dapat menurunkan estrogen. Tingkat estrogen yang tinggi inilah yang dapat merangsang perkembangan sel darah putih atau leukosit.

  1. Ikan Salmon dan Tuna

Ikan salmon dan tuna mengandung asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan jumlah leukosit tinggi.  Omega 3 juga berguna meningkatkan kesehatan jantung dan memaksimalkan fagosit, yakni bagian dari leukosit yang melindungi tubuh dari penyebab infeksi.

  1. Yoghurt

Bagi Anda yang ingin menurunkan kadar leukosit tinggi dapat mengonsumsi yoghurt. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa yoghurt dapat memperlambat perkembangan sel darah putih. Terutama jika produksinya terlalu berlebihan atau dalam kondisi leukosit tinggi.

  1. Susu Kedelai

Obat tradisional kelebihan darah putih selanjutnya adalah susu kedelai murni yang sangat muda didapat dalam kehidupan sehari-hari. Zat yang terkandung dalam  susu kedelai murni dapat menurunkan risiko terserang leukosit tinggi. Bahkan penurunan risiko ini mencapai 28% lebih tinggi dibandingkan dengan mengonsumsi susu kedelai oalahan.

Sponsors Link

  1. Jeruk dan Alpukat

Jeruk dan alpukat merupakan beberapa buah penambah darah dengan cepat yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar leukosit tinggi. Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk dan alpukat dapat memberikan pertolongan dengan cepat pada tubuh yang terkena infeksi. Anda juga dapat menambahkan buah-buahan penambah darah lainnya seperti anggur dan delima yang juga kaya dengan zat besi untuk mengindari gejala anemia.

  1. Kol dan Sawi

Kedua sayuran penambah darah seperti kol dan sawi ini juga dapat digunakan sebagai obat tradisional kelebihan leukosit. Kol dan sawi mengandung zat besi yang membuat proses pembentukan sel darah merah lebih produktif sehingga terhindar dari gejala anemia.

  1. Brokoli

Brokoli banyak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh agar selalu bugar dan sehat. Kandungan nutrisi dalam sayuran hijau satu ini antara lain zat besi, protein, kalsium, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C. Selain itu, kandungan phytochemical dalam brokoli juga berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk melawan berbagai infeksi.

Demikian 9 obat tradisional kelebihan darah putih yang patut Anda coba. Selain dengan mengonsumsi berbagai makanan di atas, ada baiknya Anda juga mengonsumsi vitamin penambah darah seperti jelly gamat yang dapat menurunkan kadar leukosit tinggi.

Sponsors Link
, , , , ,