Sponsors Link

10 Obat Tradisional Pembuluh Darah Mata Pecah yang Paling Aman

Sponsors Link

Baru-baru ini viral sebuah foto di sosial media yang menunjukkan seorang remaja laki-laki yang mengalami pembuluh darah mata pecah akibat bermain ponsel dalam jangka waktu yang lama. Meskipun kabar tersebut mendapat diklarifikasi sebagai hoax dan dianggap berlebihan oleh seorang spesialis mata Dr. Ferdiriza Hamzah, SpM. Menurutnya orang yang berada dalam foto tersebut hanya mengalami subconjunctival bleeding yang dimana gejalanya hanya akan bertahan selama 2 minggu dan dianggap tidak berbahaya sama sekali.

ads

Walau demikian, tidak ada salahnya bagi anda untuk berhati-hati karena fakta tentang pembuluh darah mata pecah itu memang benar adanya. Penyebab pecahnya pembuluh darah mata terdiri atas beberapa faktor seperti, bersin atau batuk yang terlalu keras, mengucek mata terlalu kasar, mengalami benturan atau cedera pada bagian mata, atau bisa juga disebabkan oleh penyakit seperti gejala darah tinggi atau gejala penyebab darah encer.

Faktor-faktor itulah yang dapat mengakibatkan pembuluh darah yang berada dibalik selaput mata atau saluran darah pecah dan membuat mata menjadi merah. Seperti halnya ciri-ciri penderita thalsemia, Orang yang mengalami hal semacam itu biasanya tidak menyadari karena ia tidak merasakan sakit apapun, daya penglihatan pun akan tetap normal seperti biasanya.

Yah, seperti yang dikatakan oleh Dr. Ferdiriza bahwa kejadian pembuluh darah mata pecah ini dianggap tidak berbahaya dan biasanya akan pulih dalam 1-2 minggu kemudian. Namun, bukan berarti anda dianjurkan untuk tidak melakukan apa-apa dan tidak berusaha menangani jika hal semacam itu terjadi pada anda. Berikut ini akan dibahas mengenai obat tradisional pembuluh darah mata pecah:

1. Mengkonsumsi Buah 

Cara mengobati pembuluh darah pecah di mata, anda disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah. Buah yang dimaksud di sini tentu bukanlah sembarang buah melainkan buah yang mengandung banyak vitamin A dan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata. Adapun buah-buahan yang harus anda konsumsi adalah:

  • Alpukat

Kandungan lutein dalam alpukat ini mampu mengatasi kelainan yang terjadi pada mata, seperti gejala mata merah akibat pembuluh darah mata pecah. Selain itu, mengkonsumsi alpukat juga dapat meningkatkan ketajaman penglihatan serta menyehatkan mata.

  • Pepaya

Pepaya ini mengandung lutein dan zeaxanthin yang dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit degenerasi makula.

  • Kiwi

Kandungan mineral di dalam kiwi ini baik untuk sistem saraf dan peredaran darah pada mata. Selain itu Kiwi juga bisa melindungi mata dari berbagai macam penyakit seperti katarak dan degenarasi makula.

  • Anggur

Anggur memiliki kandungan Flavonoid yang berperan dalam menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sponsors Link

2. Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih dikenal berkhasiat dalam menyembuhkan mata merah. Yah, seperti salah satu gejala yang ditimbulkan oleh pecahnya pembuluh darah di mata adalah mata merah. Untuk mengatasi hal itu, anda bisa menggunakan cara tradisional dengan memanfaatkan bawang putih.

3. Mengompres Mata dengan Air Mawar

Kandungan antioksidan alami dalam air mawar sangat ampuh untuk mengusir atau membunuh bakteri atau mikroorganisme yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi berkelanjutan pada mata anda. Sehingga anda bisa menanggulangi gejala-gejala yang mungkin akan muncul akibat pecahnya pembuluh darah mata anda.

4. Menggunakan Mentimun

Selain mengompres mata dengan air mawar, anda juga bisa menggunakan mentimun untuk mengobati gejala pembuluh darah mata pecah, seperti mata merah. Anda cukup mengiris tipis buah mentimun lalu letakkan di atas kelopak mata anda yang dalam keadaan mata terpejam. Diamkan beberapa menit.

ads

5. Tetes Mata Daun Sirih

Daun sirih memang sudah dikenal dengan khasiatnya sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit. Nah, salah satunya berkaitan dengan mata. Daun sirih ini bisa digunakan untuk mengobati mata merah, entah itu karena iritasi atau karena pembuluh darah mata pecah seperti yang tengah menjadi pembahasan saat ini.

Adapun cara memanfaatkan daun sirih ini adalah anda harus merebusnya terlebih dahulu. Namun, anda harus memastikan semua berada dalam kondisi higienis karena nanti akan diteteskan pada mata. Setelah rebusan tadi dingin, anda harus menyaringnya terlebih dahulu. Barulah anda bisa meneteskannya pada mata anda.

6. Menggunakan Kunyit

Satu lagi tanaman yang terkenal akan khasiatnya. Yah, kunyit. Kunyit bisa menjadi obat untuk mata merah anda. Kunyit ini mengandung anti bakteri yang bisa mencegah terjadinya peradangan pada mata anda.

7.  Kentang

Seperti halnya dengan mentimun, kentang juga bisa digunakan untuk merawat gejala-gejala mata merah. Anda hanya perlu mengiris kentang ini tipis dan letakkan di atas mata anda. Sensasi dingin kentang ini akan merilekskan otot-otot mata sehingga membuat mata merasa lebih nyaman.

8. Mengompres Mata dengan Air Hangat

Untuk merilekskan otot-otot mata, maka anda juga bisa mengompres mata anda dengan air hangat. Air putih memang dikenal sebagai salah satu treatment yang tepat untuk mengobati sakit mata beserta gejala-gejala penyakit mata lainnya.

9. Memanfaatkan Khasiat Madu

Selain bermanfaat untuk kesehatan, madu juga dikenal sebagai salah satu obat tradisional yang ampuh untuk berbagai penyakit, termasuk penyakit mata. Diantaranya yaitu madu dapat menyembuhkan mata merah, sakit mata akibat iritasi, sakit mata yang menyebabkan keluarnya kotoran terus menerus dan sakit mata yang disebabkan oleh bakteri.

10. Obati Mata dengan Susu Murni

Barangkali anda sudah pernah memanfaatkan susu murni sebagai obat mata. Biasanya susu murni ini digunakan untuk mengobati mata merah. Yah, hal itu juga bisa anda jadikan sebagai salah satu obat tradisional pembuluh darah mata pecah dalam rangka untuk menghilangkan bercak merah yang ada di mata anda secara alami.

Itulah pembahasan mengenai obat tradisional pembuluh darah mata pecah yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan