Sponsors Link

5 Obat Tradisional untuk Mengatasi Sepsis Paling Manjur

Sponsors Link

Cara pengobatan sepsis sangatlah bervariasi sama halnya dengan cara menurunkan leukosit, pencegahan leukosit, dan cara mengobati leukositosis tergantung dengan penyebabnya. Karena sepsis termasuk kondisi gawat darurat dimana penderita harus segera dibawa ke rumah sakit jika terindikasi mengalami gejala yang terkait dengan sepsis, seringkali solusi alamiah ditinggalkan. Padahal jika kita mau mencari, masih banyak solusi alami, baik yang sifatnya mengobati maupun mencegah terjadinya sepsis.

ads

Pada dasarnya sepsis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Reaksi tubuh terhadap infeksi akan mengeluarkan senyawa kimia untuk melawan infeksi. Ketika kita mengalami sepsis, cara perawatannya adalah dengan mengidentifikasi penyebabnya dahulu, melakukan tes di laboratorium, barulah menentukan metode perawatan yang tepat.

Hanya saja kondisi tidak selalu memudahkan kita untuk ke rumah sakit. Jika kondisinya demikian, maka untuk treatment awal masih bisa mengandalkan obat alamiah yang mudah ditemukan di sekitar kita. Berikut ini adalah 5 obat tradisional untuk mengatasi sepsis yang sudah dokter darah kumpulkan khusus untuk anda:

1. Makanan yang mengandung probiotik tinggi

Yang dimaksud sebagai makanan mengandung probiotik artinya makanan tersebut mengandung bakteria yang baik untuk kesehatan. Bakteri ini hidup di usus kita, dan membantu proses alamiah yang terjadi dalam perut.

Seperti yang sudah diketahui, sepsis dapat menyerang daerah perut kita. Efeknya adalah rasa nyeri yang teramat-sangat, mual-mual, dan diare. Dampak dari gejala ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika anda merasa mengalami nyeri dan mual tersebut, anda bisa memakan makanan yang mengandung probiotik t.

inggi untuk meredakan gejala dan memperbaiki mood anda. Makanan yang mengandung probiotik tinggi antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kimchi: kaya akan vitamin C dan serat. Baik untuk sistem kekebalan tubuh.
  • Yogurt: baik untuk melawan bakteri buruk
  • Acar: kaya akan serat, vitamin A dan K. Sangat baik untuk menunjang sistem kekebalan tubuh.
  • Tempe: kaya akan protein, baik untuk regenerasi sel mati

2. Makanan yang mengandung zat besi dan selenium

Zat besi dan selenium sangat baik untuk regenerasi sel darah. Ketika darah terinfeksi bakteri, sel darah putih akan bereaksi untuk mengusir bakteri tersebut. Dalam prosesnya banyak sel darah mati yang kemudian dapat menggumpal dan menjadi penyebab penyakit lain. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi akan membantu proses regenerasi sel darah.

Hal ini sangat baik untuk mengurangi penggumpalan darah akibat sepsis. Makanan yang mengandung zat besi antara lain: bayam, kubis, tiram, kerang, dan cumi-cumi. Anda juga dapat menambahkan menu makanan untuk menaikkan trombosit atau makanan setelah donor darah ke dalam menu makan anda.

3. Propolis

Propolis adalah sejenis madu yang dewasa ini mudah diperoleh. Berdasarkan studi di tahun 2011, propolis terbukti dapat menurunkan resiko syok septik. 

Sponsors Link

4. Bawang

Bawang adalah antibiotik alamiah yang sudah sejak dulu digunakan untuk penyembuhan luka. Dalam sepsis yang diakibatkan infeksi, obatnya adalah antibiotik. Penggunaan antibiotik yang berlebihan dapat menyebabkan bakteri mengembangkan resistensi melawan antibiotik tersebut. Maka itu bawang dapat menjadi alternatif yang baik untuk melawan infeksi.

Selain itu, bawang juga mudah ditemukan dan mudah diolah menjadi bumbu masakan yang lezat. Manfaat yang dikandung bawang sangat banyak dan sangat cocok untuk di konsumsi setiap hari.

5. Madu

Selain kelezatannya, madu juga dikenal sebagai penyembuh luka dan zat anti-bakteri yang baik. Dalam studi di tahun 2009, disimpulkan bahwa zat anti bakteri yang terdapat pada madu dapat menghasilkan senyawa hidrogen peroksida dalam tubuh. Senyawa ini membantu membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Konsekuensinya, madu sangat cocok untuk membantu perawatan sepsis.

Demikian adalah 5 obat tradisional untuk mengatasi sepsis yang sudah dikumpulkan oleh dokter darah. Tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal