Sponsors Link

Olahraga Setelah Donor Darah, Bahayakah? Temukan Jawabannya Disini

Sponsors Link

Definisi donor darah adalah kegiatan yang penting untuk kesehatan orang lain yang membutuhkan darah. Dari setiap unit darah yang disumbangkan sudah bisa membantu 3 orang yang membutuhkan produk darah. Mendonorkan darah memang tidak mempunyai efek panjang pada kesehatan pendonor akan tetapi sangat disarankan untuk menghindari olahraga setelah donor darah yang terlalu berlebihan dan juga angkat berat sebab bisa menimbulkan bahaya donor darah.

ads

Rekomendasi lebih spesifik sangat bervariasi tergantung dari jenis donor darah dan juga intensitas aktivitas fisik yang dilakukan pendonor darah. Saat melakukan donor darah, maka tubuh akan kehilangan darah sebanyak 8 hingga 10% dari total volume darah. Jika anda melakukan olahraga setelah donor darah yang terlalu berlebihan, maka akan terjadi pengurangan oksigen di aliran darah.

Olahraga Yang Harus Dihindari

Palang Merah merekomendasikan supaya para pendonor darah menghindari angkat berat dan juga olahraga yang berat sesudah melakukan donor darah. Hal ini harus dilakukan supaya tubuh mempunyai kesempatan untuk mengganti darah yang sudah disumbangkan. Namun, meskipun olahraga setelah donor darah harus dihindari, bukan berarti anda harus diam dan hanya duduk sepanjang hari. Anda masih bisa melakukan aktivitas yang ringan sampai sedang seperti berenang, bersepeda santai dan juga jalan.

Selain itu, pastikan juga mengkonsumsi banyak cairan sebelum dan sesudah melakukan donor darah supaya anda terhindar dari dehidrasi. Tambahkan juga asupan makanan yang mengandung karbohidrat sesudah mendonorkan darah.

Pengaruh Donor Darah Terhadap Atlet

Apabila anda seorang atlet atau secara rutin melakukan olahraga berat seperti gym, aerobik dan sebagainya, mungkin juga akan berpengaruh sesudah melakukan donor darah. Berlatih ketahanan dalam olahraga tersebut akan bergantung pada kemampuan tubuh untuk membawa dan menggunakan oksigen untuk menghasilkan energi.

Donor darah secara otomatis akan mengurangi volume darah sekitar 1 hari dan berpengaruh terhadap pembawa oksigen selama beberapa minggu. Perubahan inilah yang akan berdampak pada penurunan kinerja atlet sehingga akan lebih baik untuk kembali beraktivitas sesudah 3 minggu kemudian. Selain itu, jika anda hendak mengikuti sebuah perlombaan tertentu, maka hindari melakukan donor darah selama 1 hingga 2 bulan sebelum kegiatan tersebut berlangsung.

Pertimbangan Lain

Rekomendasi mengenai olahraga setelah donor darah sebenarnya sangat bervariasi tergantung dari jenis donasi darah yang anda lakukan. Sebagai contoh, jika anda menyumbangkan sel darah ganda, maka bisa menyumbangkan sebanyak 2 kali jumlah darah biasa dan disarankan untuk menghindari olahraga berat dalam waktu yang lebih lama.

Sponsors Link

Sedangkan jika yang anda donorkan adalah trombosit dan tidak melakukan donor sel darah merah, maka umumnya tidak akan berpengaruh pada kegiatan berolahraga dalam beberapa minggu sesudah donor darah dilakukan. Bicarakan juga pada dokter anda mengenai suplemen zat besi , vitamin penambah darah dan makanan penambah darah seperti buah buahan penambah darah dan juga sayuran penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk mengembalikan performa anda lebih cepat sehingga bisa berolahraga seperti biasa sesudah melakukan donor darah. Apabila anda mengalami pusing atau sakit kepala seperti gejala anemia sesudah berolahraga setelah donor darah, maka sebaiknya duduk atau berbaring sampai tubuh bisa terasa lebih baik.

Bahaya Olahraga Sesudah Donor Darah

Untuk anda yang secara rutin melakukan olahraga seperti lari, sepak bola, gym, basket dan berbagai olahraga berat lainnya yang dilakukan setiap hari, ada baiknya untuk santai dan beristirahat sesudah anda mendonorkan darah. Sebab jika latihan intensitas tinggi masih terus dilakukan sesudah donor darah, maka bias menyebabkan anda pingsan dan meningkatkan risiko pendarahan yang terlalu berlebihan di daerah tempat jarum donor darah dimasukkan ke dalam kulit anda.

Hal yang perlu dilakukan adalah mengkonsumsi banyak cairan dan menunggu hingga 24 jam sesudah melakukan donor darah jika ingin kembali beraktivitas fisik yang berat. Tambahkan dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak sebanyak 2 hingga 4 jam sebelum anda mendonorkan darah dan minum banyak air atau jus sebelum dan sesudah mendonorkan darah serta hindari mengkonsumsi alkohol 12 jam sebelum dan sesudah donor darah.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup