Sponsors Link

Penyebab dan Cara Mengatasi Pembekuan Darah Di Otak Akibat Benturan

Sponsors Link

Otak merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat kompleks dan mempunyai peran vital bagi kelangsungan hidup manusia. Di dalam otak terdapat banyak saraf dan pembuluh darah yang memegang peranan penting bagi fungsi bagian tubuh lainnya. Jika fungsi otak terganggu maka dampaknya akan sangat terasa sekali seperti terjadinya penyakit pada sistem peredaran darah dan pembekuan darah akibat benturan.

ads

Benturan yang terjadi di kepala akan menimbulkan efek darah kental berupa sakit kepala yang hebat. Sakit kepala ini merupakan reaksi otak yang kekurangan cairan untuk melakukan fungsinya. Jika kondisi ini dibiarkan saja tanpa dilakukan penanganan maka dapat menyebabkan tanda-tanda pendarahan otak yang serius. Berikut dibahas lebih lanjut penyebab dan cara mengatasi pembekuan darah di otak akibat benturan.

Penyebab Pembekuan Darah di Otak Akibat Benturan

Benturan yang berakibat terjadinya pembekuan darah di otak dapat terjadi karena beberapa hal. Bisa jadi karena kecerobohan manusia, kecelakaan maupun ketidaksengajaan. Berikut dibahas lebih lanjut.

  1. Kecerobohan dalam Melakukan Akivitas

Seseorang yang ceroboh mempunyai risiko mengalami benturan di kepala dibandingkan orang yang selalu berhati-hati. Contohnya ketika seseorang menuruni tangga, kemudian terpeleset hingga akhirnya jatuh. Kejadian ini tentunya dapat berakibat timbulnya benturan di kepala dan menyebabkan sakit kepala parah yang juga merupakan ciri-ciri infeksi sel darah putih.

  1. Kecelakaan

Penyebab benturan yang berakibat bekunya darah di otak adalah kecelakaan kendaraan bermotor. Pada banyak kasus, kecelakaan kendaraan bermotor mengakibatkan kepala terbentur pada kendaraan atau aspal.  Hal inilah yang bisa jadi menyebabkan pembekuan darah di otak. Bahaya darah beku di kepala akibat benturan ini dapat menyebabkan sakit kepala yang parah hingga kelumpuhan.

  1. Ketidaksengajaan

Penyebab pembekuan darah di otak akibat benturan dapat terjadi ketika Anda berjalan lalu ada benda dari atas yang tidak sengaja jatuh tepat di atas kepala. Hal ini dapat menyebabkan benturan biasa yang mengeluarkan darah atau terjadinya pembekuan darah di otak. Kondisi ini dapat menimbulkan penyakit yang menyebabkan kerusakan pada jantung, paru paru, ginjal dan beberapa organ lainnya serta menjadi penyebab darah cepat membeku.

Cara Mengatasi Pembekuan Darah di Otak Akibat Benturan

Gejala yang timbul ketika terjadinya pembekuan darah di otak akibat benturan diantaranya  rasa mengantuk yang berlebihan, mual dan muntah, sakit kepala hebat, kejang-kejang serta keseimbangan yang terganggu. Jika Anda berkonsultasi pada dokter, biasanya akan dilakukan CT scan. Namun sebelum berkonsultasi ke dokter, Anda dapat melakukan beberapa cara mengobati pembekuan darah di otak di bawah ini untuk mengatasinya sementara waktu.

  1. Kompres Benturan dengan Air Dingin

Cara pertama mengatasi benturan di kepala adalah mengompresnya menggunakan air dingin. Carilah air dingin atau es batu dan tempelkan pada bagian kepala yang terbentur atau sakit. Kepala yang mengalami benturan akan memunculkan benjolan yang menjadi penyebab sakit kepala. dengan mengompres benjolan tersebut dengan air dingin sebagai pertolongan pertama maka dapat mengurangi aliran darah supaya tidak membeku.

Sponsors Link

  1. Kompres dengan Abu Hangat

Efek sakit kepala yang dahsyat akibat benturan di kepala dapat diminimalisir dengan mengompresnya menggunakan abu hangat.  Dengan kompres abu hangat ini aliran darah dapat menjadi lebih normal sehingga mengurangi penyebab pembekuan darah di otak.

  1. Konsumsi Obat Povidone Iodine

Obat yang mengandung povidone iodine dapat mengurangi terjadinya infeksi pada kepala yang terbentur. Dengan mengonsumsi obat ini, luka akibat benturan yang mengeluarkan darah dapat terhindar dari infeksi bakteri dan hal lain yang membuat sakit kepala.

Sponsors Link

  1. Konsumsi Parasetamol

Parasetamol berkhasiat untuk memberi ketenangan akibat ketegangan benturan di kepala. Dokter pun sering menyarankan parasetamol untuk pasien-pasiennya yang mengalami benturan di kepala. Tidak hanya itu, parasetamol sudah terkenal ampuh menghilangkan sakit kepala.

  1. Pijatan dengan Minyak Telon dan Beras Kencur

Untuk mengurangi sakit kepala akibat benturan di kepala, Anda dapat melakukan pemijatan menggunakan campuran minyak telon dan beras kencur. Dengan cara ini kepala pun akan terasa  lebih ringan terutama pada bagian kepala yang terbentur.

Itulah penyebab dan cara mengatasi pembekuan darah di otak akibat benturan. Dengan melakukan penanggulangan di atas maka dapat mengurangi kerugian serta bahaya yang mungkin menyerang Anda akibat benturan di kepala. Dianjurkan segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapat penanganan yang lebih tepat.

Sponsors Link
, ,