Sponsors Link

8 Penanganan Anemia Berat yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sponsors Link

Anemia merupakan kondisi tubuh dimana tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin dan berfungsi menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Itu sebabnya, dalam kondisi tersebut penderita biasanya akan merasa letih dan lelah, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas secara baik.

ads

Anda juga bisa lihat cara pengobatan anemia gravis yang paling efektif dan dapat di lakukan dengan baik. Biasanya, anemia juga berlangsung dalam jangka panjang atau dalam jangka pendek. Sehingga ini kadang, bisa merugikan penderitanya. Berikut Penanganan Anemia Berat menurut jenisnya :

1. Anemia akibat kekurangan zat besi

Anemia jenis yang satu ini, dapat di atasi dengan mengonsumsi suplemen penambah zat besi, seperti memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Anda juga bisa lihat bahaya penyakit anemia yang mengerikan yang bisa bantu kita juga untuk melihat hal tersebut.

Penderita juga di anjurkan untuk mengonsumsi vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Kelebihan zat besi pada tubuh juga dapat berbahaya bagi pasien karena dapat menimbulkan banyak gejala sakit lainnya.

2. Anemia akibat kekurangan vitamin

Anemia jenis ini dapat di atasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat dan vitamin B12 serta mengonsumsi suplemen yang mengandung keduanya.

3. Anemia akibat penyakit kronis

Biasanya anemia jenis ini susah untuk di obati. Karena itu, biasanya jika anemia jenis ini semakin parah, dokter dapat memberikan transfusi darah atau injeksi eritropoietin, yaitu suatu hormon peningkat produksi darah dan penghilang rasa lelah. Anda juga bisa melihat bahaya leukopenia yang dapat membahayakan tubuh yang bisa jadi referensi juga bagi kita.

4. Anemia akibat pendarahan

Biasanya, orang yang mengalami pendarahan akan mengalami banyak kehilangan darah dalam jumlah yang banyak. Pengobatan yang utama yang paling efektif yang bisa di lakukan adalah, mencari dan mengobati sumber pendarahannya. Setelah itu, baru penderita dapat di berikan tranfusi darah, oksigen, dan suplemen penambah darah yang mengandung zat besi dan vitamin.

5. Anemia aplastik

Pengobatan anemia parah yang satu ini dapat di awali dengan tranfusi darah untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Jika di perlukan, dapat di lakukan dengan pencangkokan sumsum tulang, apabila sumsum tulang tidak bisa lagi memproduksi sel darah merah yang sehat.

Anda juga bisa lihat fungsi sel darah merah bagi tubuh yang mengagumkan! yang bantu anda melihat kondisi tubuh yang baik.

Sponsors Link

6. Anemia hemolitik

Penanganan yang tepat untuk yang satu ini adalah, dengan menghindari obat-obatan yang memiliki efek samping hemolisis, dengan mencari dan mengobati infeksi yang menjadi hemolitik, atau dengan imunosupresan untuk menekan sistem imun yang di duga merusak sel darah.

7. Thalassemia

Thalassemia dapat di obati melalui transfusi darah, konsumsi suplemen asam folat, splenektomi untuk mengambil limpa, serta pencakokan sel puca darah dan sumsum tulang.

8. Anemia sel sabit

Pengobatan utama untuk anemia yang satu ini adalah dengan mengganti sel darah merah yang hancur melalui transfusi darah, suplemen asam folat, dan antibiotik.

Pengobatan lainnya adalah dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit serta menambahkan cairan melalui oral maupun intravena untuk mengurangi nyeri dan menghindari komplikasi. Nah itu dia Penanganan Anemia Berat yang bisa kalian lakukan untuk meredakannya, semoga bermanfaat!.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Anemia