Sponsors Link

4 Penanganan Awal Leukemia Secara Medis

Sponsors Link

Jika mengalami penyakit leukemia, pastikan lakukan penanganan yang tepat. Karena jika sudah masuk stadium tinggi, pengobatannya menjadi lebih sulit. Karena itu penanganan awal leukemia perlu dilakukan. Minimal untuk meringankan gejala yang muncul.

ads

Ada banyak penanganan leukemia stadium awal. Baik dengan obat-obatan, juga dengan operasi medis. Tentunya tindakan tersebut disesuaikan dengan kondisi pasien.

Apapun jenis penanganannya, harus diserahkan kepada ahlinya yaitu dokter spesialis. Karena merekalah yang lebih tahu situasi leukemia yang sedang terjadi. Maka dari itu, jangan asal memilih dokter. Karena kanker darah adalah penyakit mematikan yang harus ditangani secara serius.

1. Dilakukan Kemoterapi Kanker

Cara penanganan gejala leukimia yang pertama adalah diterapkan terapi yang bernama kemoterapi. Tindakannya dalam bentuk pemberian obat yang berfungsi sebagai pembunuh sel radikal (cancer).

Ada banyak obat yang digunakan kemoterapi. Ada yang disuntikkan, dan juga ada yang dimasukkan via infus. Tindakan ini dilakukan sesuai dengan stadium leukemia. Jika masih stadium awal, obat penghancur kanker bisa untuk digunakan.

Penanganan penyebab leukopenia ini adalah lumrah. Bahkan hampir semua penyakit kanker akan diberikan tindakan kemoterapi. Bahkan, kanker stadium tinggi sekalipun masih ada yang menggunakan tindakan ini. Namun, tentunya efek kesembuhannya berbeda. Bahkan hanya ada yang memperpanjang usia pasien saja.

Kemoterapi biasanya dilakukan di rumah sakit. Sangat jarang, tindakan ini dimasukkan pada program rawat jalan untuk menyembuhkan ciri ciri sepsis. Pasalnya, dokter harus memberikan pengawasan penuh kepada si pasien.

2. Menjalankan Terapi Biologis di Rumah Sakit

Terapi biologis sama dengan kemoterapi yaitu memberikan obat-obatan tertentu. Namun, yang membedakan adalah fungsi dari obatnya. Untuk terapi biologis, fungsi obat yang diberikan adalah merangsang imun untuk ikut membantu memperbaiki sel darah putih yang terpapar kanker.

Ini merupakan obat penguat imunitas. Sehingga, ketika digunakan untuk leukemia stadium awal penyebab trombositopenia, efeknya sangat bagus. Karena kondisi leukemia dengan imun masih seimbang.

Tentu berbeda ketika kanker darah dan bahaya sepsis sudah memasuki stadium tinggi. Karena di kala itu, sistem kekebalan tubuh sudah rusak akibat sel kanker. Bahkan imunitas yang tinggi malah menjadi masalah pada stamina pasien. Atas dasar itu, terapi biologis merupakan penanganan awal leukemia yang bisa dicoba.

3. Intervensi Terapi Target

Terapi target merupakan pemberian obat khusus pada organ tubuh yang memiliki sel rusak terbanyak karena kanker dan trombositopenia. Sedangkan untuk organ lain yang selamat tidak diberikan obat ini.

Obat yang digunakan salah satunya adalah gleevech. Fungsinya untuk mencegah protein menjadi makanan sel  kanker agar sel tidak tumbuh lebih banyak. Ternyata obat jenis imatinib ini juga ampuh untuk melakukan hal tersebut.

Sponsors Link

Terapi target juga bisa diterapkan pada pasien kanker darah dan leukopenia stadium awal. Tergantung organ tubuh yang jumlah sel rusaknya terbanyak. Jika organ tersebut tergolong inti, maka tindakan ini tidak bisa dilakukan karena bisa menimbulkan komplikasi.

Atas dasar itu, sebelum dilakukan terapi target untuk komplikasi sepsis, hendaknya sehatkan tubuh Anda. pastikan darah tetap mengalir dengan lancar di dalam tubuh.

4. Diberi Terapi Radiasi Medis

Penanganan leukemia selanjutnya ialah diterapkan terapi radiasi. Tujuannya supaya sel kanker di dalam darah hancur sebelum berkembang biak. Biasanya alat yang digunakan ialah sinar x dengan energi laser yang cukup besar.

Jika dilakukan terapi ini, pasien diminta berbaring dengan posisi rata. Setelah itu, akan ada mesin yang langsung mendekati bagian tubuh dengan gangguan kanker terparah.

Sponsors Link

Jika kanker darah masih awal, biasanya radiasi dilakukan untuk satu titik tubuh saja. Namun, jika posisi tersebar, berarti sel kanker juga menyebar. Jika terapi gagal, berarti sel kanker sudah tidak bisa dihentikan. Tidak ada jalan lain selain dilakukan tindakan transplantasi. Kalau sudah sampai pada tahap ini, berarti leukemia yang diderita tidak lagi disebut stadium awal.

Beberapa tindakan penanganan di atas, harganya sangat mahal. Pasalnya, alat yang digunakan juga membuatuhkan biaya pembuatan yang cukup besar. Maka dari itu, tidak semua orang bisa melakukannya.

Maka dari itu, sebelum dilakukan cara mencegah sepsis dengan penanganan awal leukemia, pastikan tubuh senantiasan sehat bebas kanker. Caranya ialah menjaga pola hidup sehat serta rajin berolahraga. Pastikan juga pikiran tidak stres. Karena inilah pemicu penyakit yang sebenarnya

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Leukimia