Sponsors Link

Yuk Ketahui 7 Pencegahan Leukopenia yang Sangat Mudah Dilakuakan

Sponsors Link

Leukopenia atau kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan sel darah putih merupakan kondisi yang bisa terjadi karena berbagai hal. Leukopenia sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya:

ads
  • Neutrofil, yang berfungsi untuk melawan infeksi jamur dan bakteri.
  • Limfosit, yang berfungsi untuk membentuk antibodi.
  • Basofil, yang berfungsi untuk melawan alergi dan melepaskan histamin.
  • Monosit, yang berfungsi untuk membunuh pathogen atau agen biologis yang dapat menyebabkan penyakit pada inangsnya atau biasa juga disebut dengan mikroorganisme parasit.
  • Eosinofil, yang berfungsi untuk melawan parasit.

Artikel kali ini akan banyak membahas tentang bagaimana cara kita melakukan pencegahan leukopenia agar sebisa mungkin tubuh tidak mengalami penyakit tersebut. Leukopenia sendiri akan banyak membawa dampak negatif bagi tubuh, dan itu harus dicegah sedini mungkin.

Tepat rasanya jika mulai saat ini kita banyak menggali informasi tentang penyebab leukopenia dan gejala penyakit leukopenia.

Berikut ini beberapa cara untuk pencegahan leukopenia yang dapat kita lakukan:

1. Olahraga yang teratur

Tubuh yang terbiasa melakukan olahraga maka diharapkan akan lebih sehat dan lebih kebal terhadap berbagai penyakit. Hal ini nanti akan berdampkan pada kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan kuman, bakteri, serta virus yang dapat datang kapan saja.

Leukopenia biasanya dipicu oleh beragam penyakit yang membutuhkan bantuan dari sel darah putih untuk melawannya. Namun jika kita mampu berolahraga dengan teratur kemampuan tersebut akan meningkat.

2. Menjaga asupan nutrisi

Sekali lagi bahwa asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh harus kita penuhi dengan seimbang. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan organ-organ tubuh agar dapat berfungsi dengan baik dan maksimal.

3. Konsumsi makanan sehat

Jauhi makanan yang tidak higienis, dan seminim mungkin jangan terlalu sering mengkonsumsi junkfood atau fastfood yang kebanyakan mengandung penyedap rasa dan bahan lain. Hal tersebut harus kita hindari agar tubuh tidak terpapar zat-zat yang merugikan.

Selain itu mengkonsumsi makanan sehat merupakan cara pencegahan leukopenia yang cukup ampuh. Makanan sehat yang bebas bakteri serta kuman penyakit sangat diperlukan oleh tubuh. Hal tersebut juga dapat menghindarkan kita dari potensi penyakit maupun infeksi yang dapat menurunkan sel darah putih.

Sponsors Link

4. Konsumsi vitamin dan suplemen

Untuk membantu kinerja kekebalan tubuh maka diperlukan vitamin dan juga suplemen. Anda bisa mengkonsumsi suplemen penambah darah atau vitamin yang baik untuk penambah darah seperti vitamin B-12.

5. Konsumsi buah dan sayuran

Sudah seringkali kita baca di berbagai artikel dan juga saran dari dokter bahwa konsumsi buah dan sayuran sangat penting bagi tubuh. Kandungan nutrisi pada buah dan sayuran sangat diperlukan organ tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Sponsors Link

6. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi

Zat besi khususnya berperan penting dalam proses pembentukan sel darah yang banyak terdapat pada daging sapi dan hati. Jadi sebaiknya anda juga cukup dalam mengkonsumsi daging dan lauk yang mengandung zat besi.

7. Konsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi

Asam folat juga merupakan komponen yang diperlukan untuk melakukan produksi sel darah termasuk sel darah putih. Dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan asam folat, maka dapat menjadi pencegahan leukopenia yang baik.

Dengan melakukan langkah pencegahan seperti yang telah dijelaskan di atas, maka risiko kita terkena penyakit leukopenia dapat dikurangi.

Lebih baik kita melakukan pencegahan daripada kita mengobati karena dari segi biaya dan tenaga yang dikeluarkan akan lebih besar. Kenali pula penyebab infeksi sel darah putih dan ciri-ciri infeksi sel darah putih.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah