Sponsors Link

10 Pengganti Garam untuk Penderita Hipertensi Yang Perlu Anda Coba

Sponsors Link

Bagi Anda penderita hipertensi atau gejala darah tinggi, tentunya berusaha mengurangi konsumsi garam. Memang, penyebab darah tinggi atau hipertensi dalam kebanyakan kasus adalah konsumsi garam yang berlebihan. Hal ini karena di dalam garam terdapat kandungan natrium yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Normalnya, kandungan garam yang dianjurkan dalam sehari adalah 2300 mg sedangkan bagi penderita hipertensi cukup 1500 mg saja. Salah satu cara mengatasi darah tinggi adalah mengurangi konsumsi garam dapur  dan menggantinya dengan bahan makanan lain yang lebih sehat. Berikut disajikan pengganti garam untuk penderita hipertensi.

ads
  1. Perasan Lemon

Dengan menggunakan lemon sebagai pengganti garam, rasa masakan akan menjadi asam dan gurih. Perasan lemon ini dapat Anda gunakan untuk menggantikan rasa asin pada masakan panggang dan salad. Buah lemon yang kaya vitamin C ini juga termasuk dalam makanan penurun darah tinggi yang baik dikonsumsi dengan cara dibuat jus.

  1. Jeruk Nipis

Sama seperti perasan lemon, jeruk nipis juga akan memberikan sensasi asam namun begitu menyegarkan pada masakan. Anda dapat mengganti garam pada makanan dengan menambahkan beberapa irisan jeruk nipis.

  1. Nanas

Buah satu ini juga dapat menjadi pengganti yang pas untuk memberikan rasa asin. Tambahkan nanas pada masakan panggang atau bakar sebagai pengganti garam maka makanan Anda pun akan terasa lebih lezat.

  1. Saus Kedelai

Menambahkan kecap pada masakan adalah sesuatu yang lazim. Namun, tahukah Anda bahwa kecap mengandung natrium tinggi penyebab hipertensi. Kini, Anda bisa mengganti kecap yang biasa Anda gunakan dengan saus kedelai yang memang dibuat khusus bagi penderita hipertensi.

  1. Jahe

Selain digunakan untuk bahan minuman, jahe juga dapat Anda gunakan sebagai alternatif pengganti garam. Tambahkan jahe dan perasan lemon pada masakan panggang atau bakar untuk membangkitkan cita rasa yang khas.

  1. Cuka

Cuka pun dapat digunakan sebagai alternatif pengganti garam. Tambahkan cuka pada salad atau sup untuk mendapatkan cita rasa yang gurih sekaligus asam.

  1. Merica

Menambahkan merica dalam masakan sebagai pengganti garam juga dapat Anda lakukan. Rasa merica yang pedas dan gurih ini tentu saja dapat membuat masakan menjadi lebih lezat.

  1. Lada Hitam

Lada hitam mempunyai rasa yang hampir sama dengan merica. Anda dapat menambahkan lada hitam pada masakan untuk mendapatkan rasa pedas dan gurih.

Sponsors Link

  1. Bubuk Bawang Putih

Untuk menambahkan rasa gurih pada masakan, biasanya memang menggunakan garam. Bagi Anda penderita hipertensi, gantilah garam dengan bawang putih. Anda dapat menggoreng bawang putih kemudian menggilingnya hingga halus dan menambahkannya pada masakan. Ada baiknya Anda membuat bubuk bawang putih ini sendiri di rumah karena produk di pasaran banyak mengandung pengawet. Mengonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah pun dapat digunakan sebagai cara menurunkan darah tinggi dengan cepat yang sudah dipercaya sejak zaman dahulu.

  1. Minyak Zaitun

Bagi Anda yang menggunakan margarin atau mentega dalam masakan, sebaiknya gantilah dengan minyak zaitun. Margarin atau mentega mengandung natrium dengan kadar yang lumayan tinggi seperti garam dapur. Dengan menggunakan minyak zaitun, Anda pun dapat terhindar dari lemak trans yang berbahaya yang terdapat dalam margarin atau mentega.

Itulah 10 pengganti garam untuk penderita hipertensi yang perlu Anda coba. Dengan mengganti asupan garam yang banyak mengandung natrium, diharapkan tekanan darah Anda menjadi normal. Anda pun dapat menambahkan sayuran penurunan tekanan darah dan buah penurun darah tinggi dalam menu makanan sehat tiap hari.

Sponsors Link
, , ,