Sponsors Link

5 Penyakit yang Berhubungan Dengan Darah Wajib Kalian Pahami

Sponsors Link

Kalau membahas tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan darah biasanya kita akan sedikit takut atau ngeri. Padahal kita wajib tahu tentang berbagai informasi terkait darah. Kenapa? Hal ini tidak lepas dari peranan darah sendiri bagi tubuh serta sistem yang ada di dalamnya.

ads

Ambil contoh paling umum adalah darah sangat memegang peranan penting untuk mendistribusikan oksigen, dimana setiap anggota tubuh kita memerlukan kadar oksigen tertentu agar dapat bekerja dengan normal dan optimal.

Gangguan pada salah satu komponen utama darah sendiri dapat mendatangkan masalah kesehatan yang cukup serius. Dalam darah kita terdapat 4 komponen utama yakni sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), keping darah (trombosit), dan juga plasma darah.

Penyakit yang berhubungan dengan darah dapat disebabkan oleh berbagai faktor termasuk di dalamnya faktor genetik, obesitas, dampak dari penyakit lain, konsumsi alkohol, drugs, merokok secara berlebihan serta gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu penting untuk kita mengetahui berbagai penyakit yang berhubungan dengan darah yang akan kita bahas dalam ulasan kali ini:

1. Anemia

Mungkin ini merupakan penyakit yang paling umum dan paling sering dialami oleh sebagian besar orang. Pada umumnya anemia sendiri menyerang sel darah merah. Penderita anemia mengalami suatu kondisi dimana dia mengalami kekurangan darah dan menyebabkan peredaran darah dalam tubuh tidak berjalan dengan optimal.

Anda tidak boleh menyepelekan penyakit ini karena terdapat beberapa bahaya penyakit anemia yang jika tidak ditangani dengan serius akan berdampak buruk.

Kekurangan zat besi juga dapat menjadi pemicu paling umum dari anemia serta tidak adanya keseimbangan antara kegiatan fisik dan asupan nutrisi atau makanan sehat.

2. Varises

Wah, biasanya penyakit ini cukup mengganggu bagi kalangan perempuan. Varises sendiri adalah sebuah penyakit akibat pembuluh darah vena yang mengalami gangguan ketika mengalirkan darah atau pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah venan yang disebabkan oleh penumpukan darah pada pembuluh tersebut.

Varises akan menyebabkan pegal, rasa panas, perih, lelah, dan tidak nyaman pada bagian tungkai, terutama betis. Varises dapat terjadi karena pertambahan usia, obesitas, faktor keturanan, atau kondisi yang mengharuskan penderita berdiri dalam jangka waktu yang lama secara berulang.

3. Leukimia

Leukimia merupakan penyakit yang berhubungan dengan darah yang paling menakutkan. Penyakit ini muncul akibat sel kanker yang mengalir di pembuluh darah terutama menyerang sel darah putih. Gejala yang dialami penderita umumnya adalah pucat, mudah letih, pendarahan (terutama pada hidung), berat badan yang menurun serta keringat dingin dan mudah memar.

Penyakit ini menyerang sel darah putih sehingga perlindungan tubuh dari virus, bakteri, serta kuman penyakit dapat menurun secara drastis. Oleh karena itu penderita akan sangat rentan terkena penyakit serta mudah mengalami kelelahan.

Sponsors Link

4. Gangguan pembekuan darah

Gangguan ini biasanya menyerang pada komponen darah trombosit (keping darah) yang memang memiliki fungsi untuk membantu proses pembekuan darah. Pada mekanisme pembekuan darah penderita biasanya akan mengalami pendarahan yang berlebihan atau ketika terluka pembekuan darah tidak dapat berlangsung dengan normal. Dibutuhkan waktu lebih lama agar tubuh dapat membekukan darah tersebut.

5. Anemia

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sepertinya merupakan penyakit yang berhubungan dengan darah dengan penderita terbanyak setelah anemia. Keadaan ini terjadi ketika tekanan darah yang mengalir pada pembuluh darah berada di atas normal/melebihi batas normal.

Hipertensi banyak disebabkan oleh konsumsi alkohol, rokok, makanan yang berlemak, kurang berolahraga serta faktor keturunan. Bagi orang yang masih muda sebaiknya mulai pelajari cara mengatasi hipertensi di usia muda. Biasanya penderita juga disarankan untuk mengkonsumsi garam khusus untuk penderita hipertensi.

Sponsors Link
, , , , ,