Sponsors Link

10 Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Saat ibu menjalani masa kehamilan, merupakan kondisi dimana ibu menjadi rentan terhadap serangan penyakit. Ibu hamil menjadi lebih cepat lelah dan lemas, karena kebutuhan nutrisi dan gizi bertambah saat mengandung sang calon bayi.

ads

Salah satu penyakit yang harus di waspadai saat ibu menjalani proses kehamilan adalah penyakit anemia. Penyakit anemia merupakan suatu penyakit kekurangan jumlah sel darah merah  atau hemoglobin di dalam darah yang ada di dalam tubuh.

Gejala anemia bisa di lihat dari tanda-tanda seperti sering merasa lelah, muka terlihat pucat, mual, dan  sesak nafas. Penyakit anemia pada ibu hamil umumnya tidak begitu berdampak besar dan dapat ditangani dengan mudah jika diketahui dalam waktu yang sedini mungkin.

Jika tidak diketahui dengan cepat, dampak anemia berkepanjangan akan sangat berbahaya sekali untuk pertumbuhan janin. Salah satunya yaitu dapat terkena neural tube defects  yang merupakan sebuah kelainan yang terjadi pada bayi yang disebabkan ibu hamil mengalami anemia berkepanjangan. Kelainan yang dapat terjadi pada tulang belakang bayi dan tempurung kepala bayi yang tidak terbentuk secara sempurna.

Untuk itu, perlu sekali ibu hamil untuk memeriksa kehamilan nya secara berkala ke dokter kandungan agar dapat diambil tindakan cepat jika terjadi sesuatu pada kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang di dalam kandungan. Mengenali penyebab anemia pada ibu hamil juga merupakan sebuah langkah yang tepat. Untuk itu, berikut  akan coba di jelaskan 10 penyebab anemia pada ibu hamil yang dapat dijadikan sumber referensi di antaranya :

  1. Tidak terpenuhinya zat besi di dalam tubuh

Anemia pada ibu hamil dapat terjadi ketika tidak terpenuhinya zat besi di dalam tubuh. Hal ini biasanya disebabkan terjadinya gangguan pada sumsum tulang belakang dalam memproduksi sel darah merah.

Hal ini dapat di atasi dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi yang seimbang. Adapun contoh makanan yang mengandung zat besi tinggi diantaranya ikan, daging merah, kacang-kacangan, telur, dan olahan tahu.

  1. Menkonsumsi alkohol

Selain membahayakan kesehatan janin, ternyata mengkonsumsi alkohol menjadi penyebab anemia pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi alkohol ternyata dapat mengganggu sumsum tulang belakang dalam memproduksi sel darah merah dan jika dikonsumsi dengan terus menerus, akan menyebabkan penderita terserang penyakit anemia kronis. Jadi sebaiknya ibu hamil menghindari kebiasaan mengkonsumsi alkohol mengingat dampak yang ditimbulkan sangat merugikan kesehatan.

  1. Terjadi pendarahan

Terjadinya pendarahan pada ibu hamil menyebabkan ibu hamil kekurangan darah. Pendarahan ini dapat dibagi menjadi dua. Pendarahan yang terlihat dan pendarahan yang tersembunyi. Pendarahan yang terlihat merupakan pendarahan yang terlihat oleh mata seperti pendarahan pada luka maupun pendarahan yang keluar dari vagina yang beresiko terjadinya keguguran. Sedangkan pendarahan yang tersembunyi dapat di contoh kan seperti mengidap penyakit kanker ataupun beberapa penyakit lain yang menyebabkan anemia.

Sponsors Link

  1. Kurangnya vitamin dan mineral di dalam tubuh

Tubuh manusia memerlukan vitamin dan mineral di dalam tubuh agar organ di dalam tubuh sehat dan dapat bekerja secara sempurna. Sumber  vitamin dan mineral di dalam tubuh bisa di dapat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang sehat ini akan diserap oleh sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel darah merah.

  1. Terjadinya gangguan pada organ jantung dan paru-paru

Kedua organ tubuh jantung dan paru-paru merupakan organ vital sebagai pemompa darah dan penukar oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah. Apabila kedua organ vital ini terganggu, maka akan membuat aliran di dalam tubuh tidak lancar hingga menyebabkan gangguan pada pernafasan. Hal ini membuat peredaran darah tidak berjalan dengan lancar dan mengakibatkan anemia. 

ads

  1. Faktor genetik

Faktor genetik atau keturunan bisa menjadi penyebab anemia pada ibu hamil. Walaupun zat besi di dalam tubuh sudah terpenuhi sehingga apabila ada suatu keluarga menderita penyakit anemia,maka untuk anggota keluarga lainnya juga beresiko memiliki penyakit anemia dikarenakan gen yang diturunkan dari orang tuanya.

  1. Kekurangan asam folat

Asam folat juga memiliki peranan yang sangat penting terhadap pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Dimana jika terjadi kekurangan asam folat di dalam tubuh ibu hamil, maka menyebabkan tubuh mengalami gangguan memproduksi sel baru.

  1. Menderita wasir

Wasir merupakan sebuah penyakit dimana pembuluh darah yang berada di sekitaran anus membengkak. Penyakit wasir ini dapat dibagi menjadi dua kategori. Wasir internal akan berkembang di dalam anus sedangkan wasir eksternal akan berkembang di luar anus. Penyakit wasir ini akan menyebabkan pendarahan saat  BAB hingga jika sudah sampai ketahap yang kronis, dapat menyebabkan penyakit anemia.

  1. Kurang istirahat

Ini merupakan penyebab yang sering sekali di sepelekan. Kurangnya istirahat pada ibu hamil tentu saja sangat tidak baik  selain menyebabkan lemas dan lesu, kurang istrihat dapat menimbulkan beberapa penyakit salah satunya adalah anemia.

Untuk itu, disarankan bagi ibu hamil untuk istirahat dengan cukup dengan durasi 8 jam selama satu hari. Cara ini juga merupakan salah satu cara menormalkan tekanan darah rendah pada ibu hamil.

  1. Pola makan yang tidak sehat

Pola makan yang buruk seperti mengkonsumsi makanan instan yang tidak memenuhi gizi yang seimbang dapat menyebabkan ibu hamil menderita penyakit anemia. Untuk itu sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi  makanan yang memiliki gizi seimbang.

Itulah 10 penyebab anemia pada ibu hamil yang bisa dijadikan informasi yang berguna. Dengan mengetahui informasi ini, ibu hamil tidak perlu merasa khawatir karena ada beberapa cara mengatasi anemia pada ibu hamil yang dapat dilakukan diantarnya  mengkonsumsi buah-buahan penambah darah, dan mencukupi kebutuhan vitamin penambah darah.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah