Sponsors Link

13 Penyebab Darah Encer Wajib Anda Ketahui Dengan Benar

Sponsors Link

Bagi seorang manusia normal, darah merupakan salah satu faktor utama di dalam tubuh. Keberadaan darah adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Banyak sekali tugas dan fungsi yang dapat dilakukan oleh darah untuk memperbaiki atau membangun sistem metabolisme tubuh manusia. Oleh sebab itu, manusia perlu menjaga keberadaan darahnya dalam kondisi yang sehat dan baik. Selain itu, manusia juga perlu membentuk pola hidup yang membuat darahnya selalu sehat dan terjaga.

ads

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, darah memiliki fungsi yang sangat beragam di dalam sistem metabolisme tubuh manusia. Fungsi yang sangat beragam dari darah itu sendiri ditunjukkan dari peran darah dalam menjalankan berbagai fungsi penting di dalam tubuh. Fungsi-fungsi penting inilah yang membuat tubuh manusia tetap berjalan dan tidak berhenti. Selain itu, fungsi tubuh dalam diri manusia ini juga sangat krusial dalam mempertahankan kehidupan manusia itu sendiri.

Pada dasarnya, manusia akan selalu membutuhkan peran penting darah untuk menjalankan fungsi-fungsi penting di dalam tubuhnya. Hal ini tampak dari kondisi manusia yang lemah jika manusia kehilangan banyak darah. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga kondisi darahnya agar selalu baik dan tidak terkontaminasi oleh zat-zat yang berbahaya yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit di dalam tubuh manusia itu sendiri.

Adapun, cara untuk menjaga kondisi darah iitu sendiri ada berbagai cara. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi darah ini ialah dengan cara banyak mengonsumsi air putih sehingga carian darah tetap terjaga. Ketersediaan cairan darah adalah suatu kondisi yang sangat penting bagi diri manusia karena tanpa cairan darah ini maka manusia akan mengalami dehidrasi atau kekurangan darah. Akibatnya, fungsi utama darah dan sistem kerja tubuh lain akan terganggu dan akan menimbulkan masalah yang lebih serius di dalam diri manusia.

Namun apakah kondisi terhidrasi pada tubuh menunjukkan suatu kondisi yang baik? Pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan merupakan suatu keadaan yang tidak baik bagi manusia. Keadaan berlebihan ini dapat pula terjadi pada kondisi terhidrasi yang ada di dalam tubuh manusia. Dalam hal ini, kondisi terhidrasi yang berlebihan di dalam tubuh manusia dapat berarti saat tubuh mendapatkan terlalu banyak cairan dari luar tubuh. Kondisi ini menyebabkan kondisi cairan di dalam tubuh manusia menjadi terlalu encer dan cair.

Kondisi darah yang terlalu cair tentunya akan menyebabkan manusia mengalami permasalahan yang cukup serius di dalam kehidupannya. Salah satu masalah yang cukup serius bila cairan darah manusia terlalu cair ialah tekanan darah yang menurun dan menyebabkan nutrisi-nutrisi di dalam tubuh tidak terserap sempurna. Selain itu, cairnya aliran darah akan membuat darah sulit untuk membeku sehingga saat ada luka atau pecahnya pembuluh darah maka darah akan senantiasa mengalir dengan cepat.

Sebaliknya, kondisi darah yang terlalu kental juga merupakan sebuah permasalahan tersendiri bagi manusia. Manusia dengan cairan darah yang terlalu kental akan menyebabkan sistem peredaran darah juga tidak berjalan dengan normal. Kondisi ini akan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit-penyakit lain yang lebih berbahaya yang diakibatkan oleh pengentalan darah. Penyakit yang timbul akibat pengentalan darah antara lain: stroke, serangan jantung dan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan regulasi darah lainnya.

Sebelum Anda mempelajari lebih jauh terkait dengan penyebab darah encer atau kental di dalam tubuh manusia, Anda perlu mempelajari terkait fungsi-fungsi darah yang dapat membuat tubuh Anda semakin kuat. Selain itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi penyakit darah Anda khususnya darah yang terlalu encer ataupun darah yang terlalu kental.

Sponsors Link

Fungsi Utama Darah Bagi Tubuh Manusia

Darah manusia adalah sebuah komponen tubuh yang sangat penting. Kepentingan darah ini diperlihatkan dari banyaknya tugas yang harus dijalankan oleh darah untuk membuat tubuh manusia menjadi lebih sehat. Selain itu, keberadaan darah seakan menjadi sebuah cairan atau zat yang menghubungkan antara organ-organ tubuh. Hubungan antar organ yang difasilitasi oleh darah ini berkaitan dengan regulasi zat-zat makanan yang ada di dalam darah itu sendiri untuk disebarkan ke seluruh jaringan dan organ tubuh.

Selain berfungsi sebagai penghubung antar organ, darah juga berfungsi sebagai pengangkut zat-zat yang penting untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Zat-zat yang dinilai sebagai zat yang penitng bagi tubuh ini, antara lain: oksigen, kandungan karbon dioksida, sari-sari makanan, vitamin, mineral dan zat-zat lainnya. Darah sendiri lah yang mengatur regulasi zat-zat penting ini ke seluruh tubuh. Tanpa adanya darah maka tubuh Anda akan senantiasa merasa kekurangan zat penting dan akhirnya akan menimbulkan kedatangan penyakit ke seluruh tubuh.

Secara lebih spesifik, fungsi darah ada beraneka ragam. Fungsi darah yang beraneka ragam ini ditunjukkan dari tugas-tugas berat yang ditanganinya saat beregulasi ke seluruh tubuh. Berikut ini ialah fungsi-fungsi darah yang wajib dan penting untuk Anda ketahuhi:

  1. Mengedarkan Zat-Zat Makanan Yang Berguna Bagi Kelangsungan Tubuh Manusia

Darah – seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya – memiliki fungsi khusus dan utama dalam hal mengedarkan zat-zat atau sari-sari makanan dari organ pencernaan ke seluruh tubuh. Darah memiliki peran ini karena darah dapat mengikat zat-zat yang baik bagi tubuh ini sehingga saat darah dipompakan ke seluruh tubuh oleh jantung maka darah akan mengedarkan zat-zat makanan yang dibawanya pula.

Fungsi mengedarkan makanan pada darah ini juga merupakan salah satu fungsi zat tubuh yang paling penting. Tanpa adanya fungsi biologis ini maka zat-zat makanan yang berguna bagi tubuh akan mengendap dan tidak dapat diolah dengan optimal oleh tubuh manusia. Selain itu, zat-zat ini tidak akan dapat dimanfaatkan oleh tubuh jika tidak diedarkan oleh darah.

  1. Mengedarkan Hormon Pada Bagian-Bagian Tubuh Yang Memerlukan

Hormon juga merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi tubuh manusia. Keberadaan hormon akan sangat diperlukan oleh seluruh makhluk hidup karena hormon memegang fungsi eksekutif dalam tubuh manusia. Dalam hal ini, hormon sangat berperan dalam mengaktifkan sistem metabolisme di dalam tubuh manusia. Namun demikian, hormon merupakan sesuatu yang tidak dapat bergerak dan meregulasi dirinya sendiri. Oleh sebab itu, hormon memerlukan bantuan darah untuk mengalir dan menuju ke anggota tubuh yang memerlukan.

  1. Membawa Sisa Makanan dan Hasil Pengolahannya Ke Sel Tubuh

Selain zat hasil olahan makanan yang berguna bagi seluruh tubuh, darah juga mengalirkan sisa-sisa makanan yang timbul akibat sistem pencernaan pada manusia. Sisa-sisa makanan ini harus diekskresikan atau dikeluarkan dari tubuh manusia karena jika tidak maka sisa-sisa makanan ini akan membahayakan diri manusia itu sendiri. Sisa-sisa makanan ini dibawa darah menuju sel-sel tubuh untuk dikeluarkan melalui berbagai macam bentuk, seperti: keringat, air kencing dan bentuk-bentuk lainnya.

  1. Mengangkut Zat Oksigen

Salah satu zat paling penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ialah oksigen. Keberadaan oksigen sangat dibutuhkan tubuh karena oksigen akan membuat tubuh Anda terisi dengan aliran positif. Oksigen juga berperan dalam memperbaharui sel-sel tubuh yang rusak atau mati. Oleh sebab itu, pasokan oksigen harus selalu terjaga dan tidak boleh berhenti disebarkan. Dengan demikian, darah memiliki suatu peran yang sangat besar dalam membuat tubuh manusia memperoleh kandungan oksigen yang mencukupi.

  1. Menjadi Penyembuh Luka Luar

Darah merupakan suatu kesatuan komponen tubuh yang terdiri dari berbagai macam susunan. Salah satu susunan darah yang sangat penting ialah trombosit. Trombosit adalah suatu komponen darah yang memiliki peran untuk membekukan aliran darah dan menyembuhkan luka pada manusia. Kesembuhan luka pada manusia ini akan lebih optimal jika Anda memiliki kadar trombosit yang cukup di dalam darah Anda. Oleh sebab itu, keberadaan darah sangatlah penting bagi kelangsungan kehidupan manusia itu sendiri.

  1. Mengaktifkan Metabolisme dan Antibodi Tubuh Manusia

Sama seperti trombosit, leukosit juga merupakan sel darah yang sangat penting bagi tubuh manusia. Keberadaan leukosit sangat penting karena leukosit merupakan salah satu sel darah yang berperan sebagai penghancur bagi bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh manusia. Fungsi ini merupakan salah satu fungsi imunitas yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan fungsi ini, tubuh manusia akan terlindung dari berbagai macam penyakit yang berbahaya.

ads
  1. Membawa Karbon Dioksida

Selain oksigen, zat udara yang juga diikat dan dibawa oleh darah ialah karbon dioksida. Zat udara ini sangatlah penting bagi manusia. Dalam hal ini, darah membawa zat karbon dioksida ini ke dalam paruu-paru sehingga paru-paru akan mengolahnya kembali menjadi oksigen dan diedarakan kembali ke seluruh tubuh.

  1. Mematikan Bibit-Bibit Penyakit Yang Dapat Menyerang Tubuh Manusia

Fungsi ini berkaitan dengan keberadaan sel darah putih atau leukosit di dalam kandungan darah. Darah memiliki peran yang sangat penting dalam menghancurkan bibit penyakit yang hendak menyerang tubuh manusia.

  1. Membuang Zat-Zat Sisa ke Ginjal dan Kulit Manusia

Ginjal adalah suatu organ tubuh yang perannya sangat penting bagi manusia. Ginjal berperan sebagai penyaring atau filter dari berbagai zat yang masuk dan hendak keluar dari tubuh. Tujuan penyaringan ini ialah agar zat yang keluar dari tubuh ini hanyalah zat sisa yang dibawa darah dan meninggalkan nutrisi berguna tetap berada di dalam tubuh. Oleh sebab itu, fungsi darah dalam membawa zat-zat yang tidak berguna ke ginjal sangatlah penting.

Dengan berbagai macam fungsinya seperti yang telah dijelaskan di atas maka darah dinilai sebagai suatu komponen di dalam tubuh manusia yang sangat penting bagi tubuh manusia. Saat manusia kehilangan salah satu atau banyak fungsi dari darah ini maka akan timbul banyak gangguan pada diri manusia. Gangguan-gangguan ini akan sangat menurunkan kualitas hidup manusia.

Namun demikian, kelancaran sistem peredaran darah ini amat bergantung pada tingkat kekentalan atau keenceran dari darah itu sendiri. Dalam hal ini, kondisi darah yang terlalu kental atau encer akan mengganggu sistem peredaran darah. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga tingkat kekentalan darah dalam taraf yang cukup (sesuai dengan standar). Jika darah Anda terlalu encer atau kental maka Anda perlu segera mencari penyebab serta pengobatan yang tepat untuknya.

Penyebab Darah Encer Pada Manusia

Kondisi atau kualitas darah adalah sebuah hal yang sangat penting bagi manusia. Kualitas dan tingkat kekentalan darah pada manusia adalah salah satu kondisi darah manusia yang harus diperhatikan oleh Anda. Kondisi kekentalan darah pada manusia menentukan fungsi darah itu sendiri dalam mengalirkan berbagai zat berguna ke dalam tubuh manusia. Saat manusia memiliki kualitas darah yang baik maka proses peredaran zat-zat baik dalam tubuh ini akan berjalan dengan baik. Jika hal ini terjadi maka manusia akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Namun demikian, permasalahan yang kerap kali muncul di dalam diri manusia ialah kondisi darah yang kurang normal. Salah satu kondisi tidak normal dari darah ialah darah yang terlalu encer. Dengan kata lain, kekentalan darah yang berada dalam kondisi ini memiliki tingkat yang sangat rendah. Tentunya kondisi ini sangatlah membahayakan bagi manusia karena abnormalitas yang terjadi.

Secara umum, kekentalan darah harus berada pada taraf normal. Normalitas kekentalan darah ini membuat darah dapat mengalir dan mengedarkan berbagai zat-zat berguna bagi tubuh. Selain itu, kekentalan darah yang normal akan membuat tekanan darah manusia berada taraf normal. Tekanan darah yang normal ini tidak akan membawa manusia ke dalam berbagai penyakit berbahaya. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga tingkat kekentalan darah pada taraf normal.

Dalam hal ini, darah yang terlalu encer juga merupakan hal yang buruk. Ada beberapa hal buruk yang mungkin dapat terjadi bila darah Anda terlalu encer. Hal-hal tersebut antara lain:

  • Pembekuan darah yang lambat sehingga menimulkan darah tidak akan cepat berhenti jika sudah terlanjur tercurah keluar dari tubuh;
  • Risiko pendarahan di luar tubuh yang dapat membuat Anda kekurangan darah karena tidak adanya atau kurangnya sistem pembekuan darah;
  • Risiko terjadinya pendarahan dalam tubuh (otak, jantung dan lain sebagainya) yang sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan manusia;
  • Munculnya kememaran yang tersebar hampir di seluruh tubuh dan dengan cepat terjadi karena tidak adanya sistem pembekuan darah yang baik

Adapun darah yang terlalu encer merupakan sebuah fenomena yang sudah sering terjadi di masyarakat. Darah yang terlalu encer – di mana sangat membahayakan – sangatlah harus dihindari oleh manusia. Jika manusia ingin hidup lebih sehat maka Ia harus senantiasa mengecek level kekentalan darahnya.

Penyebab darah encer ada bermacam-macam. Darah yang encer muncul dari faktor eksternal maupun internal tubuh manusia. Dengan demikian, Anda maish dapat berhati-hati untuk menghindari datangnya penyakit darah encer ini. Selain itu, Anda juga dapat menyembuhkan diri Anda jika suatu saat Anda terkena penyakit darah encer ini. Penyebab darah encer dapat diklasifikasikan atas beberapa hal, antara lain:

  1. Penyakit Hemofilia

Dalam sebuah kondisi darah atau perkembangannya, selalu akan ada abnormalitas yang berkembang pula di dalamnya. Abnormalitas darah ini ada bermacam-macam tergantung pada perkembangan manusia masing-masing. Salah satu perkembangan yang tidak normal dalam sejarah hidup umat manusia yang terkait dengan darah ialah hemofili. Sebenarnya masih sangat banyak perkembangan darah yang tidak normal, seperti tekanan darah tinggi dan penyebabnya, penyakit hipotensi dan penyebabnya dan lain sebagainya.

Hemofili adalah suatu kondisi di mana darah tidak bisa memproduksi sel trombosit dalam jumlah yang cukup. Jika darah tidak bisa memproduksi sel darah trombosit dalam jumlah yang cukup maka darah akan sangat sullit untuk membeku. Kesulitan membeku dari darah ini akan membuat Anda memiliki darah yang encer dan hal ini sangat berbahaya  bagi diri Anda.

Penyakit pengenceran darah ini merupakan penyakit yang sangat langka terjadi di masyarakat. Menurut sejarahnya, kejadian hemofili baru terjadi pada angka 1 : 10.000 laki-laki. Fakta lain terkait dengan hemofili ialah bahwa penyakit ini hanya terjadi kepada kaum laki-laki. Sementara itu, kaum wanita tidak memiliki faktor risiko sama sekali untuk terkena penyakit hemofili ini.

  1. Terlalu Banyak Konsumsi Cairan (Lebih Dari Yang Dibutuhkan)

Penyebab lain dari darah yang terlalu encer adalah terlalu banyak cairan yang masuk ke dalam tubuh sehingga cairan darah (plasma darah) mengalami peningkatan kuantitas secara pesat. Kondisi penambahan cairan tubuh yang terlalu banyak ini dinamakan over hidrasi yang memiliki dampak buruk bagi tubuh. Anda perlu mengatur pemasukan cairan ke dalam tubuh Anda sehingga jumlah cairan yang dilmasukkan dan dikeluarkan oleh tubuh seimbang.

Kondisi over hidrasi ini membuat cairan di dalam tubuh membeludak. Selain itu, kondisi ini menyebabkan serapan nutrisi di dalam tubuh menjadi tidak optimal. Kondisi penyerapan nutrisi yang tidak optimal ini menyebabkan tubuh kurang mendapatkan zat yang dibutuhkannya untuk menjalankan segala proses metabolisme di dalamnya. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan jumlah cairan yang hendak Anda masukkan ke dalam tubuh Anda.

Sponsors Link

  1. Kondisi Hiponatremia Karena Cairan Darah Berlebihan

Cairan yang terlalu berlebihan di dalam tubuh manusia dapat menyebabkan masalah yang lebih serius di dalam kehidupan manusia. Salah satu fenomena yang terjadi karena rendahnya tingkat kekentalan darah ialah hiponatremia. Kondisi hiponatremia adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh rendahnya kandungan natrium yang dikandung oleh tubuh. Kandungan natrium itu sendiri larut oleh banyaknya cairang yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertahankan kondisi darah dan cairan yang Anda masukkan ke dalamnya sehingga tidak ada kelebihan atau kekurangan.

Natrium adalah suatu zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Natrium mampu membentuk nutrisi pada darah. Jika Anda kekurangan kandungan natrium ini maka darah Anda akan terlalu encer. Darah yang terlalu encer ini juga akan membuat Anda mengalami berbagai dampak yang lebih buruk lagi.

  1. Penyakit Tertentu Yang Menyebabkan Pengenceran Darah

Tingkat kekentalan darah pada diri manusia juga disebabkan oleh hal—hal lain diluar kondisi darah itu sendiri. Penyakit yang sedang dialami oleh seseorang juga dapat menjadi sebuah penyebab turunnya tingkat kekentalan darah. Hal ini berkaitan dengan pengobatan yang dilakukan oleh manusia sehingga darah manusia menjadi terlalu encer.

Kondisi yang demikian harus selalu Anda hindari. Jika Anda membiarkan kondisi darah encer ini maka Anda akan mengalami penyakit yang lebih besar lagi. Oleh sebab itu, Anda harus selalu mewaspadai kedatangan penyakit darah encer ini.

Penyebab-penyebab darah yang terlalu encer masih sangat banyak. Anda harus tetap mewaspadai kehadiran penyakit yang berkaitan dengan keenceran darah. Pada dasarnya, tingkat kekentalan darah harus tetap dijaga dalam taraf yang normal. Oleh sebab itu, jika Anda merasa ada gejala-gejala darah yang terlalu encer maka Anda harus segera mencari tahu pengobatan serta penyebabnya sehingga Anda dapat menghindarinya di lain waktu.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah