Sponsors Link

9 Penyebab Darah Menggumpal yang Perlu Anda Waspadai

Sponsors Link

Penggumpalan atau pembekuan darah disebut juga hiperkoagulasi yang merupakan kondisi saat kekentalan darah terjadi secara berlebihan. Efek darah kental ini menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu dan tidak lancar. Tidak hanya itu, suplai oksigen ke sel-sel tubuh pun menjadi terhambat.

ads

Pengentalan darah ini terjadi karena darah kekurangan cairan darah atau trombosit yakni zat yang berperan penting dalam proses pembekuan darah. Akibat dari kekurangan trombosit ini darah pun mudah lekat satu sama lain. Jika sudah terjadi pengentalan maka dapat menyebabkan berbagai penyakit pada sistem peredaran darah yang lebih serius. Berikut dijelaskan lebih lanjut tentang penyebab darah menggumpal atau mengental yang perlu Anda waspadai.

  1. Faktor Genetik atau Keturunan

Faktor genetik atau keturunan memegang peranan penting dalam penyebab darah menggumpal. Orang yang ayah atau ibunya mempunyai riwayat penyakit darah beku tentunya memiliki risiko lebih besar untuk menderita penggumpalan darah.

  1. Pola Makan Salah

Seringnya mengonsumsi makanan yang berlemak dapat menyebabkan darah menggumpal, terutama makanan bersantan. Tidak hanya itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan tinggi gula juga berpotensi untuk meningkatkan risiko darah kental. Selain itu pola makan yang tidak teratur juga dapat menjadi penyebab penggumpalan darah karena biasanya diikuti dengan menu makanan yang tidak sehat pula. Pola makan salah ini pun dapat membuat tekanan darah tinggi akibat obesitas. Sebaiknya gantilah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dengan nutrisi seimbang.

  1. Kurang Minum Air Putih

Air putih sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. Jika Anda kurang minum air putih maka pada saat pengangkutan oksigen ke sel-sel tubuh menjadi terhambat. Kurang minum air putih juga merupakan salah satu penyebab anemia yang seringkali terabaikan. Oleh sebab itu cukupilah kebutuhan air mineral sebanyak 8 gelas perhari untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah.

  1. Kebiasaan Merokok

Penyebab darah menggumpal berikutnya adalah kebiasaan merokok yang menyebabkan darah yang sudah kental semakin susah mengalir. Tidak hanya itu, asap rokok juga dapat merusak lapisan dinding pembuluh darah bagian dalam atau yang disebut endotel. Jika endotel mengalami kerusakan maka menyebabkan trombosit mudah melekat antara satu dengan lainnya. Pembuluh darah yang mengalami hambatan-hambatan ini diseut trombosis.

  1. Konsumsi Minuman Beralkohol

Mengonsumsi minuman beralhokol tidak baik untuk kesehatan salah satunya dapat menyebabkan darah menggumpal. Hal ini karena alkohol dapat mengalahkan kandungan air yang ada dalam tubuh. Tidak hanya itu, konsumsi alkohol juga dapat menjadikan seseorang mudah dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab darah menjadi menggumpal.

  1. Aktivitas Fisik Rendah

Orang yang bekerja di kantor dengan melakukan aktivitas menonton dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah. Apalagi jika aktivitas tersebut hanya berupa duduk di kursi dan menghadap komputer atau laptop. Aktivitas semacam ini dapat membuat aliran darah menjadi tidak lancar dan menyebabkan penggumpalan darah. Oleh sebab itu sebaiknya imbangilah aktivitas di kantor dengan olahraga yang cukup saat berada di rumah.

Sponsors Link

  1. Kolesterol

Orang dengan kolesterol tinggi biasanya memang mempunyai darah kental. Tidak heran juga mereka dapat mudah terkena penyakit lain seperti stroke.

  1. Stres

Penyebab darah menggumpal berikutnya adalah stres. Hal ini karena stres dapat membuat pembuluh darah menyempit sehingga darah menjadi kesulitan mengalirkan oksigen ke organ tubuh lainnya. Stres juga merupakan salah satu penyebab darah tinggi yang perlu Anda waspadai.

  1. Radikal Bebas

Radikal bebas juga merupakan salah satu penyebab darah menggumpal. Salah satu radikal bebas yang perlu Anda waspadai adalah polusi udara seperti asap yang keluar dari kendaraan. Hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan dan membuat pernapasan menjadi terganggu.

Bahaya Darah Menggumpal

Darah yang menggumpal jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan beberapa keadaan yang lebih parah, diantaranya :

Sponsors Link

  1. Kematian jaringan dan organ
  2. Gejala darah tinggi
  3. Kerusakan fungsi hati
  4. Gagal ginjal
  5. Kerusakan pada pankreas
  6. Serangan jantung
  7. Stroke
  8. Keguguran pada ibu hamil
  9. Sesak napas yang disertai nyeri pada dada
  10. Dan beragam penyakit mematikan serta berbahaya lainnya

Itulah 9 penyebab darah menggumpal yang perlu Anda waspadai beserta bahaya yang menyertainya. Untuk mengatasi darah menggumpal dianjurkan untuk mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin K seperti kacang buncis, kacang hijau dan kacang polong. Tidak hanya itu, konsumsilah banyak buah-buahan penambah darah seperti nanas, anggur dan tomat yang juga sangat baik untuk mengatasi penggumpalan darah.

Sponsors Link
, , ,