Sponsors Link

15 Penyebab HB Turun Di Dalam Tubuh

Sponsors Link

Normalnya, di dalam tubuh manusia hemoglobin atau yang sering di singat dengan HB merupakan jenis protein yang ada di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengikat oksigen untuk di aliran ke seluruh organ tubuh manusia. Hemoglobin sangat penting sekali di jaga kadar nya di dalam tubuh, karena apabila kekurangan ataupun kelebihan kadar HB di dalam tubuh akan memberikan efek negatif yang dapat merugikan tubuh.

ads

Kadar hb di dalam tubuh manusia normalnya akan memiliki perbedaan antara bayi, anak-anak, orang dewasa dan orang yang sudah lanjut usia. Pada bayi jumlah kadar hb normalnya berkisar antara 17 – 22 gm/ dl , pada anak 11 – 13 gm/dl , pada pria dewasa 14 – 18 gm/dl, pada wanita dewasa 12 – 16 gm/ dl, pada pria lanjut usia 12,9 – 14,9 gm/dl, dan pada wanita lanjut usia berkisar antara 11,7 – 13,8 gm/ dl.

Jika kadar HB di dalam tubuh manusia rendah, berarti sama saja darah tidak memiliki cukup kadar oksigen untuk di salurkan keseluruh tubuh. Jika ini dibiarkan, tentu akan berdampak pada kesehatan tubuh seperti mengalami anemia, sesak nafas, mual dam lemas. Untuk itu, perlu di ketahui penyebab hb turun agar dampak negatif yang di timbulkan bisa di hindari. Berikut akan coba dibahas 15 penyebab hb turun dan cara mengatasinya di antara nya adalah :

  1. Kekurangan asupan nutrisi

Tubuh sangat memerlukan asupan nutrisi untuk pembentukan sel darah merah.nutrisi berupa folat, vitamin b12 dan zat besi bisa di dapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang bernilai gizi tinggi seperti daging, kacang-kacangan, sayuran serta buah-buahan.

  1. Pendarahan

Pendarahan yang serius ternyata merupakan salah satu penyebab hb turun. Salah satu Pendarahan yang serius dapat terjadi ketika mengalami kecelakaan yang juga menjadi salah satu penyebab transfusi darah . Untuk itu, sebaiknya gunakanlah perlengkapan keselamatan dalam berkendaraan agar terhindar dari cidera serius yang menyebabkan kehilangan banyak darah.

  1. Mengalami dehidrasi

Dehidarasi atau kekurangan cairan biasanya terjadi ketika kita melakukan aktivitas yang cukup berat dan tidak di imbangi dengan konsumsi cairan pengganti ke dalam tubuh sehingga menyebabkan hb di dalam tubuh menurun. Untuk itu, sebaiknya minum air dengan cukup dan tidak memaksakan diri dalam beraktifitas agar hb di dalam tubuh menjadi normal.

  1. Ibu yang sedang hamil

Kehamilan pada ibu ternyata menjadi salah satu penyebab hb turun. Hal ini di karenakan ibu hamil kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang membantu mempercepat produksi sel darah merah. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan penambah darah agar terhindari dari dampak hb menurun.

  1. Hormon yang tidak seimbang

Untuk membantu produksi sel- sel darah merah di dalam tubuh, diperlukan hormon erythropoietin yang merangsang sumsum tulang belakang dalam memproduksi sel darah merah. Apa bila kadar hormon erythropoietin tidak seimbang di dalam tubuh, tentu saja akan berpengaruhi pada produksi sel darah merah sehingga yang mengakibatkan kadar hb di dalam tubuh menurun. Untuk itu sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar segera di ambil langkah tindakan yang tepat.

Sponsors Link

  1. Aktifitas yang berlebihan

Menjalankan aktifitas yang berlebihan akan menyebabkan tubuh kelelahan dan rasa pusing akibat darah rendah, berdampak kadar hb di dalam tubuh menjadi turun. Untuk mengatasi hal ini terjadi, sebaiknya kita perlu mencukupkan jam istirahat dan mengkonsumsi vitamin penambah darah agar terhindari dari dampak negatif yang di timbulkan ketika kadar hb turun.

  1. Terkena infeksi penyakit tertentu

Ada beberapa jenis penyakit seperti infeksi usus yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang ternyata dapat menjadi penyebab turunnya kadar hb di dalam tubuh. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kesehatan usus di jaga dengan mengontrol diri untuk hanya mengkonsumsi makanan yang sehat saja.

  1. Efek samping dari obatan tertentu

Bagi penderita penyakit kangker yang sudah merasakan gejala leukimia stadium akhir, penggunaan obatan dalam kemoterapi dan penggunaan sinar radiasi selain bertujuan membunuh sel kangker, ternyata juga merusak sel darah hingga menyebabkan hb di dalam tubuh berkurang. Untuk itu, sebaiknya setelah melakukan prosedur pengobatan kemoterapi atau pemaparan sinar radiasi, untuk segera mengecek kadar hb di dalam tubuh.

ads

  1. Keracunan timbal

Keracunan timbal bisa menyebabkan penurunan kadar hb di dalam tubuh. Keracunan timbal merupakan kondisi dimana terjadi pengendapan timbal di dalam tubuh seseorang. Timbal biasanya ada di beberapa mainan anak-anak,tanah, keramik, makanan kaleng, dan debu. Untuk mencegah keracunan timbal ini, sebaiknya menjaga kebersihan tangan dan gunakan masker bila berada di seputaran daerah tambang.

  1. Menderita myelodysplastic syndrom

myelodysplastic syndrome merupakan gangguan yang terjadi dalam memproduksi sel darah merah, yang menyebabkan sel darah menjadi cacat atau tidak matang. Jika tidak di ambil langkah tindakan yang tepat, maka sel darah yang cacat akan lebih banyak dari sel darah yang sehat dan dapat menyebabkan kadar hb di dalam tubuh menurun.

  1. Gagal ginjal

Apabila menderita penyakit gagal ginjal, menyebabkan produksi hb di dalam tubuh menjadi berkurang. Hal ini disebabkan ginjal yang tidak mampu berfungsi dengan maksimal dalam menyering racun dan sisa-sisa metabolisme tubuh sehingga mengganggu kesahatan darah.

Akibat tidak cuci darah tentu sangat membahayakan penderitanya dan dapat menyebabkan kematian jika dibiarkan saja. Cuci darah dilakukan dengan tujuan memfilter darah yang terkontaminasi racun agar kembali normal dan kaya dengan kadar hb.

  1. Pembesaran limpa

Dalam beberapa kasus, pembesaran limpa ternyata dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah yang juga berdampak turunnya kadar hb di dalam tubuh.

  1. Menderita anemia sel sabit

Penderita anemia sel sabit ini memiliki bentuk  sel darah merah yang tidak sempurna seperti bulan sabit. Selain bentuknya yang tidak sempurna, sel darah merah berbentuk bulan sabit ini juga berumur lebih pendek. Kondisi inilah yang menyebabkan hb di dalam tubuh menjadi menurun.

  1. Cacingan

Penyakit cacingan yang biasanya menyerang anak-anak sebaiknya tidak di anggap sepele karena dapat membuat kadar hb di dalam tubuh menurun. Hal ini di sebabkan cacing menyerap nutrisi dalam tubuh anak yang saharusnya digunakan untuk memproduksi sel darah merah. Pencegahan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat cacing minimal 6 bulan sekali.

  1. Konsumsi kafein berlebih

Buat penikmati kopi, ternyata kadar kafein di dalam kopi dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi, yang menyebabkan kadar hb di dalam tubuh menurun. Oleh karena itu, sebaiknyanya konsumsi kopi secukupnya saja agar tidak menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan diri.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah