Sponsors Link

5 Penyebab Myeloma yang Harus di Waspadai!

Sponsors Link

Seperti yang kebanyakan orang tahu, ciri-ciri myeloma merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Salah satu jenis kanker ini akan menyerang sumsum tulang belakang tubuh Anda yang kemudian menyerang seluruh tubuh melalui darah dan sistem pencernaan Anda. Ada banyak cara untuk mencegah myeloma dan pengobatan untuk mengatasi myeloma.

ads

Myeloma, walau pada umumnya menyerang pria ada usia 30 tahun keatas, tidak menutup kemungkinan juga menyerang kaum wanita. Namun, sebelum itu – ada kalanya untuk mengetahui penyebab myeloma agar Anda dapat melakukan pencegahan dan terhindar dari myeloma. Seperti dibawah ini:

  1. Keterkaitan dengan MGUS

Salah satu penyebab myeloma yaitu adanya keterkaitan dengan MGUS atau monoclonal gammopathy. MGUS merupakan kondisi dimana antibodi abnormal diproduksi oleh sel myeloma namun tidak menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda.

MGUS atau monoclonal gammopathy juga merupakan faktor terbesar atau penyebab utama yang memicu terjadinya myeloma.Walau kebanyakan dari penderita MGUS tidak berkembang menjadi myeloma, MGUS dapat berubah menjadi multiple myeloma ketika kondisi tubuh tidak memungkinkan.

2. Kelainan genetik seperti onkogen c-myc

Penyebab limfoma selanjutnya ialah adanya kelainan genetik pada tubuh Anda. Termasuk onkogen c-myc. Kelainan genetik ini dipicu oleh beberapa hal seperti buta warna, penyakit sel sabit, hemofilia, sindrom down, hingga kelainan seperti onkogen. Onkogen tipe c-myc ini merupakan gen yang termodifikasi atau campuran sehingga dapat memicu tingkat keganasan sel tumor.

Kondisi ini cukup serius karena ketika menyerang organ-organ di dalam tubuh akan merusak organ tersebut dengan mudah. Kelainan genetik juga dapat mencegah terjadinya myeloma ketika penderita dapat melakukan pola hidup sehat atau tidak terpapat lingkungan yang buruk.

3. Paparan lingkungan terhadap beberapa bahan kimia

Myeloma juga dapat dipicu oleh lingkungan kita yang tidak sehat. Lingkungan yang tidak sehat seperti terpapar asap rokok, kebiasaan merokok atau pergaulan hidup yang tidak sehat merupakan faktor utama pemicu myeloma. Tidak hanya myeloma, hal tersebut juga akan merusak seluruh organ di dalam tubuh.

Selain itu, terpapar bahan kimia juga dapat memicu terjadinya myeloma. Namun, walau sering terpapar bahan kimia – kondisi tubuh yang dapat terjaga dengan baik dapat mencegah myeloma menyerang tubuh Anda. Walau begitu, bahan kimia juga menjadi pemicu terbesar kedua setelah MGUS dalam memancing myeloma dalam tubuh.

4. Plasmasitoma

Penyebab sepsis selanjutnya ialah plasmasitoma. Plasmasitomi ini ialah tumor sel plasma yang dimulai saat sel penyebab kanker darah putih menghasilkan antibodi. Kondisi cukup membuat Anda mudah lelah, kesulitan menelan, mengalami diare, hingga mengalami pengobatan anemia gravis.

Sponsors Link

Kondisi inilah yang memicu myeloma menyerang tubuh Anda karena kurangnya daya tahan tubuh sehingga tubuh Anda tidak dapat melawan dan menyerang virus dan bakteri yang masuk. Selain itu, kondisi ini juga dapat mengancam jiwa ketika dibiarkan semakin parah – dalam waktu dekat. Hal tersebut dipicu oleh tubuh yang tidak dapat melawan infeksi dan komplikasi penyakit lainnya.

5. Faktor Keluarga

Myeloma juga dapat terjadi karena faktor keluarga. Kondisi ini cukup umum ketika keluarga Anda juga memiliki jenis penyakit yang sama. Faktor keluarga dua kali lebih berbahaya karena akan sangat sulit dihindari. Selain itu, faktor keluarga sangat kental dalam penyebaran penyakitnya dibandingkan faktor eksternal lainnya seperti lingkungan. Karena faktor lingkungan dapat dicegah walaupun dengan menerapkan pola hidup sehat.

Dengan demikian, penyebab myeloma yang dapat Anda ketahui. Walaupun begitu, tetap jaga pola hidup sehat Anda dan hindari lingkungan yang tidak sehat bagi kesehatan tubuh. Juga perhatikan pola makan Anda agar tidak memicu komplikasi penyakit lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Myeloma