Sponsors Link

6 Penyebab Pembuluh Darah Pecah di kaki yang dianggap Sepele

Sponsors Link

Pembuluh darah merupakan bagian dari sistem sirkulasi darah. Ia berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh akan mendapatkan pasokan darah yang cukup. Apabila pembuluh darah ini mengalami gangguan maka tentu hal itu akan berdampak pada kondisi tubuh kita. Adapun salah satu gangguan yang dapat terjadi pada pembuluh darah manusia adalah pembuluh darah pecah.

ads

Pada umumnya, pembuluh darah pecah dapat terjadi pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti bawah kulit, mata dan otak. Pembuluh darah pecah yang terjadi pada area bawah kulit biasanya akan terlihat pada daerah tangan dan kaki.

Adapun gejala dari pembuluh darah pecah di kaki adalah munculnya bintik-bintik merah dan memar/lebam pada bagian bawah kulit. Beberapa kasus penderita yang mengalami pembuluh darah pecah di kaki juga akan merasakan nyeri yang hebat. Tak hanya itu, pembuluh darah pecah di kaki juga biasanya akan membuat penderita mengalami kelumpuhan.

Pembuluh darah pecah di kaki ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

1. Benturan Keras

Penyebab pembuluh darah pecah di kaki yang paling umum terjadi adalah akibat adanya benturan keras yang menyebabkan saluran darah pecah. Benturan ini pun akan menimbulkan gejala berupa memar yang dapat menjadi indikasi dari adanya gangguan terhadap kondisi pembuluh darah anda.

2. Obat-obatan tertentu, misalnya aspirin, warfarin, steroid

Apabila anda tengah mengkonsumsi obat-obatan tertentu maka ada baiknya bagi anda untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar karena hal itu akan berpengaruh pada fungsi trombosit dalam tubuh anda.

Seperti yang diketahui bahwa trombosit ini berperan dalam proses pembekuan darah dan bila ada suatu gangguan, trombosit juga mempunyai peran dalam pembentukan plak dalam pembuluh darah.

Plak inilah yang  justru dapat menjadi hambatan aliran darah, yang seringkali terjadi di dalam pembuluh darah jantung maupun otak. Gangguan tersebut dapat memicu terjadinya stroke dan serangan jantung.

Oleh karena itu, pada pasien-pasien dengan stroke dan serangan jantung diberikan obat-obatan (anti-platelet) supaya trombosit tidak terlalu mudah bergumpul dan membentuk plak di pembuluh darah.

3. Usia

Penyebab pembuluh darah pecah di kaki juga bisa dikarenakan oleh adanya faktor usia. Seiring pertambahan usia seseorang, maka kondisi pembuluh darah juga akan menjadi rapuh dan melemah sehingga ia akan rentan mengalami gangguan seperti gangguan pembuluh darah pecah.

4.  Peradangan pada pembuluh darah tersebut

Pembuluh darah pecah di kulit juga bisa dikarenakan adanya imflamasi atau peradangan yang dialami oleh pembuluh darah. Apabila hal itu terjadi maka dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan pembuluh darah pecah di bawah kulit.

Sponsors Link

5. Gangguan pada proses pembekuan darah

Gangguan pada proses pembekuan darah juga akan berdampak pada kondisi pembuluh darah anda. Biasanya gangguan ini disebabkan karena adanya kelainan darah atau penyakit pada sistem peredaran darah seperti hemofilia.

6. Kekurangan vitamin K dan atau vitamin C

Orang yang kekurangan asupan vitamin K dan vitamin C dalam jumlah yang sangat banyak juga akan berdampak pada kesehatan pembuluh darah seseorang. Untuk itu, usahakan untuk memenuhi takaran asupan vitamin yang disarankan dan yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Itulah penyebab pembuluh darah pecah di kaki yang perlu anda ketahui. Selain itu, anda juga perlu memahami betul bagaimana cara mencegah pembuluh darah pecah serta pengobatan pembuluh darah pecah dengan tepat.

Sponsors Link
, , , ,