Sponsors Link

5 Perbedaan Anemia Dan Darah Rendah Beserta Penjelasannya

Sponsors Link

Penyakit anemia dan darah rendah merupakan dua jenis penyakit dengan kondisi keadaan  yang berbeda, meskipun selama dua penyakit ini sering sekali di anggap sama. Anggapan ini  mungkin muncul di karenakan dua penyakit ini memiliki gejala dan keluhan yang hampir sama.

ads

Karena anemia dan darah rendah merupakan penyakit yang berbeda, tentu saja cara penanganan dan pengobatannya pun tidak sama. Agar tidak bingung dan salah dalam penanganan penyakit anemia dan darah rendah, dalam artikel kali ini akan coba dijelasakan perbedaan anemia dan darah rendah dan penjelasannya di antaranya :

  1. berdasarkan definisi

Jika dilihat dari definisinya, penyakit anemia merupakan sebuah penyakit dengan kondisi dimana terjadi penurunan sel darah merah di dalam tubuh. Di dalam sel darah merah terkandung hemoglobin yang memiliki fungsi mengantarkan oksigen ke organ-organ tubuh manusia agar dapat bekerja secara optimal sedangkan penyakit tekanan darah rendah merupakan sebuah penyakit dimana tekanan darah di dalam tubuh dibawah 90/60 mmHg. Bahaya yang terjadi jika tekanan darah turun terlalu rendah dapat mengakibatkan organ jantung dan otak kekurangan oksigen.

  1. Dilihat dari gejalanya

Gejala penyakit anemia yang muncul dan sering dirasakan oleh penderita penyakit anemia berupa sering merasakan lemas dan lesu, tubuh cepat merasakan kelelahan, jantung berdebar secara tiba-tiba, kesusahan dalam berkonsentrasi, kepucatan pada beberapa bagian tubuh seperti telapak tangan, bibir dan telapak kaki.

Sedangkan pada penyakit darah rendah gejala yang akan dirasakan penderitanya adalah merasakan pusing akibat darah rendah hingga menyebabkan pingsan, mual, kaki dan telapak tangan merasakan dingin, mengalami depresi, dehidrasi dan merasakan kehausan.

  1. Berdasarkan penyebabnya

Ada beberapa penyebab seseorang dapat terkena penyakit anemia diantaranya adalah kekurangan kadar zat besi di dalam darah, ibu-ibu yang sedang mengalami proses kehamilan, menderita penyakit kronis, mengalami pendarahan yang hebat, dan kekurangan vitamin b-12.

Lain hal yang dengan penyakit tekanan darah rendah, ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang terkena penyakit tekanan darah rendah yaitu volume darah menjadi berkurang karena sedang dehidrasi, hingga menderita kelainan jantung yang menyebabkan aliran darah yang dipompa menjadi menurun.

  1. Berdasarkan penangannya

Anemia dapat ditangani dengan mengkonsumsi vitamin penambah darah hingga beberapa tindakan medis yang disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit anemia yang di derita. Salah satu tindakan medis yang dimaksud adalah dengan melakukan transfusi darah.

Mengkonsumsi obat alami anemia seperti sayuran hijau, kacang almond, dan daging sangat dianjurkan untuk membantu proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh  sedangkan untuk penyakit tekanan darah rendah, beberapa langkah penanganan yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi garam, istirahat dengan cukup,  olahraga dengan teratur, hingga mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung karbohidrat tinggi.

Sponsors Link

  1. Berdasarkan alat ukur yang digunakan

karena anemia dan darah rendah merupakan dua penyakit yang berbeda, tentu saja untuk mengetahui apakah seseorang menderita penyakit anemia maupun darah rendah menggunakan alat ukur yang berbeda. Pada penyakit anemia, digunakan alat ukur bernama hb meter untuk mengetahui ukuran normal hemoglobin yang ada di dalam tubuh manusia sedangkan pada penyakit darah rendah, digunakanlah alat bernama tensimeter untuk mengukur tekanan darah di dalam tubuh.

Itulah 5 perbedaan anemia dan darah rendah beserta penjelasannya sebagai informasi agar pembaca tidak lagi kebingungan dalam membedakan dua penyakit yang sering di anggap sama tersebut. Sebenarnya penyakit anemia dan darah rendah dapat kita cegah dengan beberapa tindakan yang cukup sederhana.

Di antaranya dengan menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan gizi dan zat-zat yang diperlukan untuk metabolisme tubuh, beristirahat dengan cukup, menghindari kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik seperti mengkonsumsi alkohol, merokok, dan mengkonsumsi kopi secara berlebihan.

Sponsors Link

Buat yang sudah menderita penyakit anemia maupun tekanan darah rendah tidak perlu khawatir, karena sudah banyak pengobatan baik melalui obat-obatan medis maupun secara alami yang bisa menyembuhkan dua penyakit ini.

Obat alami anemia seperti daun bawang merah, sayur sayuran hijau, kacang almond, hingga olahan daging kambing baik untuk dikonsumsi penderita penyakit anemia dan apabila di perlukan, penderita penyakit anemia juga dapat mengkonsumsi vitamin untuk anemia.

Sedangkan untuk  penderita penyakit darah rendah langkah pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan asupan cairan di dalam tubuh dan menambah asupan garam, hindari berdiri terlalu lama, dan hindarilah untuk mengkonsumsi alkohol yang menyebabkan tubuh kekurang cairan.

Khusus untuk ibu hamil yang menderita tekanan darah rendah, dapat menerapakan 10 cara menaikan tensi darah bagi ibu hamil. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi para pembaca untuk mulai peduli terhadap kesehatan diri dan kesehatan dilingkungan di sekitar kita hingga terhindar dari penyakit yang merugikan diri.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah