Sponsors Link

Pusing Akibat Darah Rendah – Penyebab dan Cara Pencegahannya

Sponsors Link

Darah rendah atau dikenal dengan istilah hipotensi merupakan kondisi tekanan darah seseorang yang sangat rendah sehingga menyebabkan berbagai gejala seperti salah satunya adalah pusing. Beberapa gejala darah rendah seperti kelelahan, pusing, mual, kesulitan saat bernapas, penglihatan menurun, kulit terasa dingin dan berbagai gejala lainnya bisa terjadi karena defisiensi nutrisi, dehidrasi, istirahat seperti tidur terlalu lama, masa kehamilan, gangguan endokrin dan juga kondisi neurologis.

ads

Untuk mengatasi pusing akibat darah rendah bisa dilakukan dengan beberapa perawatan rumah sederhana yang sudah cukup ampuh untuk mengatasi rasa pusing dan beberapa gejala lain dari kurang darah seperti yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Air Garam

Air garam sangat membantu untuk mengatasi pusing karena darah rendah sebab natrium yang terkandung dalam daram bisa meningkatkan tekanan darah secara alami. Namun tetap jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi air garam karena juga bisa memberikan dampak yang tidak baik untuk tubuh.

Cukup campurkan 1 1/2 sendok teh garam dalam segelas air minum dan bisa dikonsumsi saat mengalami pusing atau juga bisa diganti dengan minuman olahraga seperti isotonik.

  1. Kopi

Minuman mengandung kafein seperti kopi bisa meningkatkan tekanan darah rendah sehingga pusing bisa dihilangkan seketika sekaligus bisa digunakan sebagai cara mengatasi penyakit anemia.

Minumlah satu cangkir kopi di pagi hari khususnya jika anda mengalami hipotensi ortostatik namun jangan jadikan minum kopi sebagai kebiasaan sebab efek jangka panjang kafein juga bisa berbahaya untuk tubuh.

  1. Kismis

Kismis adalah pengobatan tradisional yang sangat baik untuk mengatasi pusing akibat darah rendah.

  • Rendah 30 hingga 40 butir kismis dengan secangkir air selama semalam.
  • Konsumsi kismis yang sudah direndam tersebut keesokan paginya saat perut masih dalam keadaan kosong.
  • Lakukan cara ini selama beberapa minggu hingga sebulan.
  1. Kemangi

Selain menjauhi pantangan makanan penderita anemia, ada beberapa makanan lain yang bisa dikonsumsi seperti salah satunya kemangi atau dikenal dengan nama basil dalam bahasa Inggris. Dalam kemangi memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk mengatasi gejala darah rendah termasuk pusing.

Kemangi mengandung magnesium, vitamin C, kalium dan juga asam pantotenat yang bisa mengurangi stress dan pikiran penyebab dari sakit kepala dan pusing.

  • Ekstrak jus dari daun kemangi dan tambahkan 1 sendok teh madu kemudian aduk hingga rata.
  • Minum jus tersebut setiap hari sebelum makan.
  • Cara lainnya, anda bisa langsung mengunyah beberapa helai daun kemangi secara langsung di pagi hari.
    Sponsors Link

  1. Akar Licorice

Akar licorice merupakan obat penambah darah alami yang sudah sangat terkenal untuk menormalkan darah rendah akibat tingkat kortisol rendah yang bisa menyebabkan pusing. Kandungan dalam akar licorice ini bisa menghalangi enzim pemecah kortisol sekaligus mendukung fungsi adrenalin yang sehat sehingga cocok dikonsumsi untuk mengatasi sindrom kelelahan kronis, pusing, mual dan berbagai gejala darah rendah lainnya.

  • Seduh 1 sendok teh akar licorice bubuk atau kering dengan 1 cangkir air mendidih selama 5 menit.
  • Minum teh herbal tersebut setiap hari selama beberapa hari.
  • Cara lainnya, anda bisa mengkonsumsi 400 hingga 500 gram kapsul akar licorice yang banyak dijual di toko kesehatan atau apotik.
  1. Jus Bit

Bit mentah sangat baik untuk mengatasi darah rendah atau darah tinggi. Untuk anda yang memiliki masalah pusing akibat darah rendah bisa minum satu cangkir jus bit murni sebanyak 2 kali sehari selama satu minggu.

  1. Almond dan Susu

Kombinasi antara almond dan susu juga menjadi cara mengatasi pusing akibat darah rendah yang sangat mudah dan nikmat untuk dilakukan di rumah. Anda bisa merendam 5 almond dalam air selama semalam dan keesokan paginya baru bisa dikupas kemudian digiling hingga menjadi pasta yang halus dan dikonsumsi sebagai makanan penambah darah. Sesudah itu, pasta bisa direbus bersama secangkir susu dan diminum saat sedang merasa pusing.

ads

  1. Rosemary

Rosemary juga bisa digunakan untuk mengatasi banyak gejala darah rendah seperti salah satunya pusing sebab rosemary bisa merangsang saraf pusat dan juga meningkatkan sirkulasi. Anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes minyak esensial rosemary pada diffuser sebagai aromaterapi.

  1. Jus Wortel

Tidak hanya baik untuk mata, namun jus wortel juga sangat baik untuk mengatasi pusing akibat darah rendah khususnya yang terjadi pada pagi hari dan bisa juga dikonsumsi untuk mencegah penyakit pada sistem peredaran darah lainnya.

  • Campur segelas jus wortel dengan 2 sendok makan madu.
  • Minum sebanyak 2 kali sehari saat pagi dan malam hari sebelum makan.
  1. Jus Lemon

Selain bisa digunakan untuk mengatasi darah tinggi, lemon juga berguna untuk mengatasi darah rendah khususnya yang disebabkan karena dehidrasi supaya gejala seperti kelelahan, pusing dan sebagainya bisa teratasi. Anda bisa minum jus lemon yang dicampur dengan sedikit gula serta garam untuk memberikan energi sekaligus merangsang pencernaan dan fungsi hati.

Pencegahan Pusing karena Darah Rendah

Mencegah darah rendah agar beberapa gejala seperti pusing tidak terjadi bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat, menghindari berdiri atau berbaring dalam satu posisi terlalu lama dan lebih berhati hati saat mengkonsumsi beberapa jenis obat obatan tertentu.

Hal ini harus dilakukan sebab jantung adalah variabel utama yang mengatur tekanan darah sehingga harus dijaga dengan baik. Berikut ini, kami akan berikan beberapa cara mencegah pusing akibat darah rendah yang bisa anda lakukan di rumah.

  1. Tambahkan Natrium Dalam Diet

Menambahkan garam pada makanan sehari hari tidak hanya berguna untuk menambah rasa namun juga untuk mencegah pusing karena darah rendah atau anemia terjadi. Saat anda ingin menambahkan natrium dalam diet makanan, lakukan dengan hati hati dan harus disesuaikan dengan tubuh, umur dan juga jenis kelamin.

  1. Konsumsi Makanan Kecil

Sesudah makan, terkadang bisa menyebabkan tekanan darah semakin rendah yang terjadi karena respon langsung pada porsi makanan dengan kata lain saat anda mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak, maka tekanan darah juga akan menurun secara signifikan.

Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat rendah dalam porsi kecil akan penurunan tekanan darah tidak terjadi.

Dibandingkan mengkonsumsi makan besar sebanyak 3 kali sehari, cobalah untuk mengganti pola makan yakni dengan makan lima atau enam porsi lebih kecil dengan jarak yang sama setiap hari.

  1. Hindari Karbohidrat Mudah Dicerna

Jika tubuh memproses makanan secara cepat, maka ini bisa menyebabkan tekanan darah turun terlalu cepat dan anda akan mengalami pusing. Beberapa makanan seperto nasi putih atau roti putih merupakan makanan yang harus dihindari sebab bisa menurunkan tekanan darah terlalu cepat sekaligus menjadi makanan yang dilarang untuk penderita darah rendah. Ganti dengan beberapa jenis makanan seperti protein, biji bijian dan kacang agar tekanan darah anda tetap stabil.

  1. Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Nutrisi

Kekurangan nutrisi dalam diet juga bisa menyebabkan terjadinya pusing karena darah rendah. Jika tubuh kekurangan vitamin B12 dan asam folat, maka tubuh juga tidak akan memiliki sel darah merah mencukupi sehingga anemia dan beberapa gejala darah rendah bisa terjadi.

  • Perbanyak mengkonsumsi makanan sumber vitamin B12 seperti telur, susu, ikan dan sarapan pagi tinggi vitamin B12.
  • Perbanyak mengkonsumsi brokoli, lentil dan juga kacang untuk mencukupi kebutuhan asam folat harian anda.
  1. Minum Lebih Banyak Air

Dehidrasi menjadi penyebab utama pusing karena darah rendah. Tidak hanya untuk mencegah dehidrasi, namun mengkonsumsi air dalam jumlah cukup juga bisa meningkatkan volume darah yang berarti juga baik sebagai cara menormalkan tekanan darah rendah agar tetap stabil. Usahakan untuk minum sekitar 10 gelas iar per hari dan jika anda giat berolahraga maka asupan air juga harus diperbanyak.

  1. Hindari Minuman Beralkohol

Mencegah pusing akibat darah rendah selanjutnya bisa dilakukan dengan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol karena bisa mempersempit pembuluh darah dan akhirnya semakin menurunkan tekanan darah anda.

  1. Hindari Berdiri Tiba Tiba

Hindari juga untuk berdiri secara tiba tiba karena bisa membuat anda pusing bahkan pingsan. Usahakan untuk berdiri secara perlahan sesudah duduk atau berbaring untuk menghindari pusing karena darah rendah tersebut.

Sponsors Link

  1. Berlatih Nafas Dengan Squat

Latihan ini sangat penting dilakukan untuk menstabilkan tekanan darah anda agar pusing bisa dicegah sekaligus sebagai cara mengobati darah rendah dengan cepat.

  • Ambil posisi squat yakni setengah berjongkok dan tarik napas selama empat detik kemudian tahan selama satu detik.
  • Hembuskan selama tiga detik saat kembali ke posisi semula dan ulangi selama 1 hingga 2 menit per hari untuk meningkatkan aliran darah anda.
  1. Tinggikan Kepala Saat Tidur

Saat anda tidur, usahakan untuk memposisikan kepala lebih tinggi dari tubuh untuk mengatasi efek gravitasi tekanan darah. Caranya cukup mudah yakni dengan menumpuk bantal lebih tinggi atau juga bisa membeli kasur mekanik yang levelnya bisa disesuaikan secara mekanis.

Demikian ulasan dari kami tentang beberapa cara alami mengatasi pusing akibat darah rendah lengkap dengan beberapa cara pencegahannya. Lakukan semua cara diatas dengan teratur agar berbagai gejala darah rendah seperti pusing, berkunang kunang, mudah lelah, lemas, sensasi ingin muntah dan gejala lainnya bisa dihindari.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Darah Rendah