Sponsors Link

10 Tanda-tanda Anemia yang paling umum terjadi

Sponsors Link

Anemia adalah suatu kondisi di mana Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh. Memiliki anemia dapat membuat Anda merasa lelah dan lemah.

ads

Ada banyak macam dari anemia, masing-masing dengan penyebab yang berbeda-beda. Anemia dapat bersifat sementara atau jangka panjang, dan dapat berkisar antara ringan hingga berat. Temui dokter Anda jika Anda mencurigai Anda menderita anemia karena itu juga bisa menjadi tanda peringatan penyakit yang lebih fatal atau serius.

Perawatan untuk anemia berkisar dari mengambil suplemen untuk menjalani prosedur medis. Anda juga dapat mencegah beberapa jenis anemia dengan makan makanan yang sehat dan bervariasi.

Tidak hanya makanan, Anda juga dapat berolahraga secara teratur dan membiasakan diri dengan pola hidup sehat, mengurangi asupan rokok dan alkohol yang bisa akan membantu meringankan kerja darah serta memelihara ketahanan organ tubuh.

Penyebab Anemia sendiri sangatlah beragam, namun yang utama adalah berkurangnya fungsi tubuh dalam memproduksi sel darah, terutama sel darah merah atau yang dikenal sebagai eritrosit.

Selain itu, penyebab lainnya adalah terjadinya pendarahan baik di dalam ataupun di luar yang menyebabkan darah terbuang, bisa karena cedera atau luka-luka, dan juga bisa dikarenakan adanya virus atau gangguan pada sistem imun yang menyebabkan tubuh Anda sendiri yang menghancurkan sel darah tersebut.

Salah satu jenis Anemia yang bisa dibilang cukup berbahaya bagi keselamatan jiwa Anda adalah Anemia aplastik. Ciri ciri Anemia aplastik ini sendiri hampir mirip dengan anemia lainnya, tetapi yang membedakan adalah pendarahan yang lebih banyak terjadi melalui gusi, hidung, dan timbulnya memar-memar di sekujur tubuh tanpa sebab.

Karenanya, Anda tidak dapat meremehkan segala tanda-tanda Anemia yang muncul dan segera periksakan ke dokter, dikarenakan penyebab Anemia yang sangat beragam dengan tingkat komplikasi yang berbeda-beda.

Untuk lebih memahami gejala Anemia yang menyerang Anda, berikut ini akan kami berikan 10 tanda tanda Anemia yang paling umum terjadi sehingga bisa segera Anda tanggulangi sebelum semakin parah.

  1. Badan mudah kelelahan

Kurangnya asupan oksigen yang dibawa oleh darah di dalam tubuh akan menyebabkan tubuh menjadi mudah capek dan kelelahan, yang bisa jadi merupakan pertanda Anemia.

  1. Tubuh terasa lemah lesu

Sama seperti sebelumnya, organ-organ tubuh yang kekurangan oksigen dari sel darah merah akan menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan akibatnya badan akan terasa lemah lesu selain mudah lelah seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Sponsors Link

  1. Kulit terlihat pucat atau kekuningan

Kurangnya aliran sel darah merah pada pembuluh akan sangat berpengaruh pada warna kulit kita yang normalnya akan berwarna agak kemerahan dan menjadi lebih pucat atau bahkan terlihat kekuningan.

  1. Detak jantung tidak teratur

Asupan darah yang tidak berjalan sebagaimana mestinya pada jantung akan menyebabkan detak jantung menjadi tidak beraturan atau yang juga dikenal dengan istilah palpitasi yang diakibatkan kurangnya oksigen yang masuk ke jantung.

  1. Sesak napas

Salah satu organ yang paling krusial bagi kelangsungan hidup manusia adalah paru-paru yang  juga sangat membutuhkan oksigen yang dibawa oleh sel darah merah. Gangguan pada proses ini akan menyebabkan Anda menjadi lebih mudah sesak nafas.

  1. Susah tidur

Kesulitan untuk tidur bisa jadi dikarenakan kurangnya asupan zat besi ke seluruh organ tubuh yang biasanya dibawa oleh sel darah merah, sehingga ini juga bisa dikategorikan sebagai salah satu tanda Anemia.

  1. Pusing atau kepala terasa ringan

Kepala yang sering pusing atau terasa ringan bisa jadi dikarenakan kurangnya asupan oksigen yang dibawa oleh sel darah ke otak, dimana hal ini akan berbahaya apabila tidak ditangani dalam jangka panjang.

Sponsors Link

  1. Sakit dada

Rasa sakit atau nyeri pada dada yang muncul cukup sering juga bisa menjadi penanda Anemia dikarenakan kurangnya oksigen pada paru-paru serta jantung, sehingga perlu diwaspadai dan diperiksakan dengan segera.

  1. Tangan dan kaki dingin

Saat tubuh kekurangan darah, terutama darah merah, maka temperatur tubuh akan menjadi tidak beraturan terutama di area tangan dan kaki, sehingga pada bagian tubuh tersebut akan terasa dingin apabila tidak dialiri darah dengan cukup.

  1. Sakit kepala

Selain terasa ringan, kepala seorang penderita Anemia juga akan sering merasakan sakit yang luar biasa dan berlangsung cukup lama dikarenakan alasan yang serupa yaitu kurangnya asupan oksigen pada otak yang tentunya berbahaya apabila disepelekan.

Anemia sendiri bukanlah penyakit yang tidak bisa diobati, meskipun pada beberapa jenis yang fatal akan sulit menjamin kesembuhannya, dan salah satu metode yang biasa dilakukan adalah dengan transfusi darah.

Manfaat transfusi darah beserta cara transfusi darah pada manusia sendiri sudah pernah kami bahas pada artikel-artikel sebelumnya yang bisa Anda baca. Tetapi transfusi ini merupakan jalan terakhir dan bisa mencoba cara lain sebelum harus menempuh prosedur tersebut.

Anda bisa coba meminum multivitamin yang mengandung vitamin B9, B12, dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh, serta vitamin lainnya seperti vitamin C untuk membantu daya tahan tubuh, serta tentunya sangat perlu untuk mengubah pola makan dan gaya hidup Anda menjadi lebih terjaga, lebih sehat, dan diharapkan akan menjadikan hidup Anda lebih baik.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Anemia