Sponsors Link

8 Tanda Tanda Menstruasi Tidak Normal Yang Harus Kamu Ketahui

Sponsors Link

Normal atau tidaknya menstruasi bisa dijadikan indikasi dari sistem reproduksi seorang wanita apakah juga berjalan normal atau tidak. Menstruasi umumnya akan dialami wanita antara hingga 3 hari dan untuk siklus menstruasinya sendiri akan berlangsung antara 21 hingga 35 hari. Untuk sebagian wanita ada yang mengalami periode menstruasi singkat dan sebagian wanita lagi cukup panjang. Selain itu, volume darah yang dikeluarkan juga bisa banyak atau sedikit. Namun, jika ada beberapa kondisi tidak biasa yang muncul selama masa haid, maka patut diwaspadai karena bisa jadi itu merupakan indikasi masalah kesehatan serta penyakit pada sistem peredaran darah. Berikut ini ada beberapa cara mendeteksi menstruasi tidak normal atau perubahan selama masa menstruasi yang bisa dijadikan tanda tanda menstruasi tidak normal.

ads
  1. Volume Darah Lebih Banyak Dari Biasanya

Seorang wanita biasanya mengeluarkan darah haid sekitar 30 hingga 40 ml setiap bulannya. Namun sebagian lagi bisa mengeluarkan hingga 60 ml lebih per bulan yang dinamakan dengan menoragia yakni tanda tanda menstruasi tidak normal. Jika anda mengganti pembalut hampir setiap 1 jam sekali, maka anda sudah masuk dalam kategori tersebut dan kehilangan banyak darah juga membuat tubuh kekurangan zat besi yang diperlukan dalam produksi hemoglobin sehingga akhirnya muncul anemia. Gejala yang ditimbulkan dari menoragia hampir serupa dengan gejala darah rendah diantaranya adalah pucat, kelelahan dan nafas yang pendek.

  1. Nyeri Haid Berlebihan

Wanita selama masa haid memang akan mengalami kelelahan serta rasa nyeri dan menjadi hal yang wajar. Akan tetapi jika nyeri menstruasi yang dirasakan semakin parah dan sampai menghambat aktivitas, maka ini bisa dijadikan tanda jika menstruasi yang anda alami tidak normal atau dikenal dengan dismenorea. Gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah muntah, mual, nyeri di punggung, diare dan sakit kepala.

  1. Pendarahan Antara Masa Menstruasi

Tanda tanda menstruasi tidak normal selanjutnya bisa dilihat dari terjadinya pendarahan antara masa menstruasi yang membutuhkan pemeriksaan dokter lebih lanjut untuk mendeteksi gangguan seperti luka pada vagina atau bahkan penyakit yang lebih kronis seperti pendarahan dalam kulit dan kanker.

  1. Darah Haid Menggumpal

Darah haid yang menggumpal sebenarnya masih terbilang normal. Akan tetapi jika gumpalan darah yang keluar selama masa menstruasi terlalu besar dan banyak jumlahnya serta menjadi penyebab darah cepat membeku, maka ini pertanda jika menstruasi yang anda alami tidak normal atau dikenal dengan nama heavy period.

  1. Tidak Haid Selama 3 Bulan

Seorang wanita yang tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan lebih kemungkinan merupakan kabar baik seperti anda sedang mengandung. Namun hal ini juga patut diwaspadai karena bisa juga terjadi karena berbagai masalah seperti amonerrhea, gejala leukimia stadium akhir, perimenopause atau menopause. Amenorrhea sendiri bisa terjadi karena menderita sebuah penyakit, stres yang terlalu berlebihan, olahraga terlalu berlebihan atau karena berat badan yang menurun secara drastis sehingga patut diwaspadai dan segera diperiksakan ke dokter.

  1. Kram Berlebihan

Jika kram yang terjadi selama masa menstruasi terlalu parah, maka ini juga dapat dijadikan tanda tanda menstruasi tidak normal dan harus segera dikonsultasikan dengan dokter. Kram parah selama menstruasi ini menandakan jika dalam tubuh anda memiliki masalah penyakit khususnya penyakit yang berhubungan dengan reproduksi dan juga bahaya penyakit ITP.

Sponsors Link

  1. Sakit Punggung Bawah

Sakit punggung bawah yang terjadi selama menstruasi juga menjadi tanda menstruasi abnormal yang akan menimbulkan sensasi sakit kronis dan ini harus diwaspadai jika kemungkinan anda mengalami endometriosis. Gejala yang ditimbulkan dari endometriosis selain sakit pada bagian punggung bawah adalah rasa sakit saat buang air besar pada waktu haid.

  1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah yang terjadi selama menstruasi juga menjadi ciri dari haid abnormal. Mual dan muntah yang terjadi selama haid tersebut umumnya dipicu karena stres terlalu berlebihan atau dampak anemia yang kemudian mempengaruhi hormon dan akhirnya berpengaruh pada siklus menstruasi abnormal tersebut.

Tanda tanda menstruasi tidak normal haruslah diwaspadai sebab bisa menjadi indikasi jika tubuh seorang wanita sedang bermasalah seperti gangguan reproduksi dan juga penyakit lain. Jika beberapa gejala diatas terjadi pada diri anda, maka segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih baik.

Sponsors Link
, , ,