Sponsors Link

8 Tanda-tanda Pendarahan Otak yang Perlu Anda Waspadai

Sponsors Link

Otak merupakan bagian tubuh yang paling penting karena berfungsi sebagai komando untuk bagian-bagian tubuh lainnya. Jika otak mengalami gangguan atau kerusakan maka tentunya tidak dapat menjalankan fungsinya seperti mengendalikan kemampuan berbicara, ingatan dan emosi.

ads

Pendarahan atau kerusakan memang sangat rawan terjadi pada otak. Biarpun sudah dilindungi oleh berbagai lapisan serta tengkorak namun masih banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya pendarahan pada otak dan area di sekitarnya. Berikut dibahas lebih lanjut tentang tanda-tanda atau gejala pendarahan otak yang perlu Anda waspadai.

  1. Sakit Kepala Mendadak dan Parah

Sakit kepala yang tiba-tiba dan berlangsung dalam waktu lama merupakan salah satu tanda terjadinya pendarahan di otak. Kondisi ini diakibatkan karena aliran oksigen pada kepala yang tersumbat sehingga membuat penderitanya mengalami nyeri pada saat sakit kepala. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya konsultasilah pada dokter untuk mendapat penanganan tepat karena obat biasa atau obat warung belum tentu bisa menyembuhkan tanda-tanda ini. Gejala seringnya sakit kepala ini juga merupakan salah satu ciri-ciri infeksi sel darah putih yang patut Anda waspadai.

  1. Lumpuh atau Mati Rasa

Salah satu pendarahan otak yang perlu Anda waspadai dan berisiko tinggi adalah kelumpuhan atau mati rasa yang juga menjadi salah satu bahaya darah beku di kepala. Kondisi ini diakibatkan karena terjadi kerusakan sistem gerak tubuh yang menyebabkan saraf yang mengatur sistem gerak tidak dapat menjalankan fungsinya.

  1. Hilangnya Penglihatan

Tanda-tanda pendarahan otak berikutnya adalah hilangnya penglihatan. Hal ini karena terjadi kerusakan saraf penglihatan sehingga penglihatan menjadi kabur dan menjadi sangat tidak jelas bahkan menjadi hilang. Jika tanda ini berlangsung lama atau bertambah parah maka segeralah berkonsultasi pada dokter. Pandangan menjadi buram atau penglihatan menghilang merupakan bagian dari gejala darah rendah.

  1. Disorientasi atau Kebingungan

Terjadinya pendarahan otak dapat diikuti dengan kebingungan atau kondisi linglung. Hal ini berkaitan dengan peredaran darah ke otak yang tidak dapat bekerja secara optimal. Keadaan inilah yang menyebabkan penderitanya menjadi linglung bahkan tidak dapat mengenali orang-orang di sekitarnya dan dirinya sendiri. Oleh sebab itulah perlu dilakukan CT scan untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda juga perlu waspada karena kebingungan atau delirium ini merupakan salah satu tanda dan gejala sepsis yang berbahaya.

  1. Perut Terasa Nyeri

Tanda-tanda pendarahan otak berikutnya adalah nyeri pada perut yang tak tertahankan. Kondisi ini biasanya diikuti dengan mual dan muntah yang hebat bahkan sampai muntah darah.  Jika tanda-tandanya sudah semakin parah maka segeralah berkonsultasilah pada dokter karena jika dibiarkan dapat menyebabkan gangguan pada organ-organ tubuh lainnya.

Sponsors Link

  1. Mengalami Kelemahan Jantung

Jantung yang melemah juga merupakan salah satu tanda-tanda pendarahan otak dan ciri-ciri darah rendah kambuh yang wajib Anda waspadai. Hal ini diakibatkan karena jantung tidak dapat bekerja secara optimal akibatnya terjadi kelamahan jantung dalam menjalankan fungsi-fungsinya. Bagaimanapun juga otak memegang peranan sangat penting dalam proses peredaran dalam tubuh termasuk jantung.

  1. Hilang Kesadaran atau Koma

Koma atau hilangnya kesadaran bisa jadi merupakan tanda-tanda terjadinya pendarahan otak. Hilangnya kesadaran ini biasanya terjadi saat kepala mendapat benturan yang sangat keras sehingga mengakibatkan pendarahan pada otak.  Segera periksakan kondisi ini pada dokter karena ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan koma menjadi lebih barang sehingga dapat mengancam nyawa. Hilangnya kesadaran karena pendarahan otak tentunya sangat berbeda dengan pingsan biasa yang dapat diatasi dengan minyak kayu putih. Hilangnya kesadaran atau koma juga merupakan salah satu gejala malaria yang perlu Anda waspadai.

  1. Tidak Mampu Melakukan Aktivitas Sederhana

Ketidakmampuan ini terjadi karena aliran darah yang tersumbat akibat pendarahan di otak. Akibatnya oksigen tidak dapat diangkut ke organ-organ tubuh lainnya. Penderita dengan pendarahan otak tidak mampu melakukan aktivitas sederhana seperti berbicara dengan benar. Kesulitan berbicara ini juga menjadi salah satu gejala anemia yang patut Anda waspadai.

Itulah 8 tanda-tanda pendarahan otak yang perlu Anda waspadai. Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas maka segeralah berkonsultasi pada dokter spesialis otak atau dokter spesialis saraf yang dapat mendiagnosis pendarahan otak. Jangan biarkan tanda-tanda di atas berlangsung lama namun tidak segera memeriksakannya karena dapat menyebabkan kelumpuhan total pada tubuh.

Sponsors Link
, , ,