Sponsors Link

12 Penyebab Tekanan Darah Tinggi Akibat Kurang Tidur dan Pencegahannya

Sponsors Link

Tekanan darah tinggi akibat kurang tidur dapat anda alami bahkan anda juga akan merasakan mendadak mata anda berkunang-kunang. Tidak sedikit dalam beberapa kasus orang juga akan pingsan. Hipertensi sendiri merupakan tekanan darah tinggi yang bisa diakibatkan dari berbagai faktor penyebabnya. Bisa jadi anda mengalaminya karena kurang tidur. Tekanan darah tinggi sendiri akan anda alami terutama menyerang pada jantung.

ads

Tekanan darah rendah mengindikasikan bahwa terjadi tekanan darah yang lebih tinggi pada arteri melebihi batas normal. Dalam beberapa kasus orang yang terlalu tinggi tekanan darahnya tidak dapat berbuat apa-apa, kepala akan terasa pusing yang hebat. Kemudian penderita juga akan mengalami hilangnya kesadaran. Selain itu anda juga harus mengetahui tentang makanan penambah darah terbaik.

Artikel ini akan membahas tentang tekanan darah tinggi akibat kurang tidur, penyebab dan cara mencegahnya. Hal ini perlu anda ketahui karena darah tinggi sendiri merupakan ancaman kesehatan yang dapat mengundang penyakit lainnya menyerang kesehatan anda. orang yang normal dalam hal tekanan darah tidak akan mengalami kendala ketika beraktifitas. Namun ketika orang terserang tekanan darah tinggi, maka orang tersebut tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. Selain itu anda juga disarankan untuk mengetahui tentang  pantangan makanan untuk penderita anemia.

Penyebab

Penyebab dari tekanan darah tinggi akibat kurang tidur dapat dalam bentuk berbagai faktor. Seperti pola makan sehat yang minim kandungan kalsium dan zat besi bisa jadi merupakan awal tekanan darah tinggi menyerang anda. makanan berkalium dan mengandung zat besi tinggi merupakan sumber makanan yang dapat meningkatkan kinerja sel darah untuk memproduksi sel darah merah. Selain itu, juga karena disebabkan oleh gaya hidup buruk yang tidak memperhatikan kesehatan. Selain itu anda juga disarankan untuk mengetahui tentang penyebab malaria.

Atau bisa jadi tekanan pikiran yang menyebabkan stress dan memciu saraf untuk menekan darah tinggi. Faktor insomnia juga turut mempengaruhi kualitas darah. Orang akan keletihan dan merasa mudah lelah serta hilang konsentrasi ketika kurang istirahat. Bersamaan itu pula orang tersebut secara otomatis tekanan darahnya naik. Berikut adalah penyebab dari tekanan darah akibat kurang tidur yang dapat anda ketahui:

  1. Beban pikiran yang terlalu berat hingga menyebabkan stress secara berkala dan berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Selain itu anda diwajibkan untuk mengetahui tentang  dampak anemia.
  2. Pola konsumsi tidak sehat yang terlalu banyak mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi dan kelebihan vitamin B12.
  3. Kurang olahraga dan tidak pernah menjalni aktifitas fisik.
  4. Kurang tidur atau mengalami insomnia sehingga tidak mencukupi kebutuhan tidur untuk tubuh secara normal.
  5. Gaya hidup buruk tanpa mementingkan pola hidup sehat. Bagi anda ibu hamil anda disarankan untuk mengetahui tentang  makanan penambah darah untuk ibu hamil.
  6. Usia juga menjadi faktor seseorang mengalami tekanan darah tinggi. Biasanya orang yang telah usia lanjut lebih rentan untuk terkena tekanan darah tinggi. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan seseorang di usia muda akan mengalami tekanan darah tinggi.
  7. Faktor keturunan atau riwayat penyakit dari orang tua. Selain itu anda disarankan untuk mengetahui tentang penyakit pada sistem peredaran darah.
Sponsors Link

Cara Mencegah

Cara mencegah tekanan darah tinggi akibat kurang tidur sebenarnya sangatlah mudah. Anda cukup mengkuti pola hidup sehat dan menjaga konsumsi makanan anda. selain itu yang paling penting adalah ketika anda menghadapi suatu masalah dengan beban pikiran yang berat, anda usahakan untuk merilekskan otot saraf anda yang tegang. Hal ini dapat membantu untuk menyembuhkan dan mencegah resiko terjangkitnya tekanan darah tinggi. Adapun cara pencegahannya adalah sebagai berikut:

  1. Mencukupi kebutuhan istirahat yang diperlukan oleh tubuh secara normal, biasanya normalnya adalah 8 jam dalam sehari.
  2. Menjaga pola makan dengan mengimbangi konsumsi buah-buahan bernutrisi tinggi.
  3. Pola hidup sehat dengan menjaga tubuh agar tetap prima.
  4. Berolahraga rutin setiap hari sesuai dengan kemampuan anda.
  5. Hindari gaya hidup buruk seperti begadang dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan tentang tekanan darah tinggi akibat kurang tidur. Semoga bermanfaat, dan jika memang bermanfaat tidak ada salahnya jika berbagi kepada orang-orang yang anda sayangi. Selain itu anda disarankan juga mengetahui tentang vitamin penambah darah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Darah Tinggi