Sponsors Link

16 Tips Menambah Darah Paling Efektif dan Aman Bagi Tubuh

Sponsors Link

Jika tubuh terasa lemah atau lelah, maka kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena tubuh kekurangan darah atau anemia. Jika jumlah sel darah merah dalam tubuh rendah, maka tubuh nantinya akan bekerja lebih keras untuk mengirimkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Sel darah merah sendiri merupakan sel paling banyak yang berada dalam darah manusia.

ads

Tubuh manusia menghasilkan jutaan sel darah setiap hari yang diproduksi pada sumsum tulang dan kemudian akan beredar ke seluruh tubuh selama 120 hari yang kemudian akan mati dan disalurkan ke organ hati yang kemudian akan didaur ulang kembali. Untuk menjaga sel darah merah, ada beberapa tips menambah darah yang bisa anda lakukan dan beberapa diantaranya akan kami ulas dalam artikel berikut ini.

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Mengkonsumsi makanan tinggi zat besi dalam diet sangat penting untuk menambah darah dalam tubuh sebab zat besi menjadi bagian penting dari sel darah merah dan juga hemoglobin untuk mengalirkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Selain itu, zat besi juga berguna untuk ekskresi karbon monoksida pada saat sedang bernafas.

Beberapa makanan penambah darah yakni yang tinggi zat besi yang bisa dikonsumsi diantaranya adalah buah kering seperti plum, daging organ seperti hati, sayuran berdaun hijau seperti bayam, kacang kacangan, kuning telur, daging merah dan juga kismis.

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Tembaga

Tembaga merupalan mineral penting yang bisa membantu sel untuk akses bentuk kimia besi yang dibutuhkan sel darah merah selama proses metabolisme besi. Mengkonsumsi makanan tinggi akan tembaga sebagai salah satu tips menambah darah ini bisa ditemukan dalam kerang, hati, daging unggas, biji bijian, kacang, coklat dan juga ceri serta mengkonsumsi suplemen tembaga yang biasanya bisa dibeli dalam bentuk tablet 900mcg dan bisa diminum satu kali sehari.

  1. Penuhi Kebutuhan Asam Folat

Asam folat atau dikenal juga sebagai vitamin B9 yakni vitamin penambah darah adalah zat penting dalam produksi sel darah merah normal dimana saat tubuh kekurangan asam folat maka bisa menyebabkan predisposisi anemia. Beberapa makanan tinggi asam folat yang bisa dikonsumsi diantaranya adalah roti, sereal, sayur berdaun hijau, lentil, kacang polong dan beberapa makanan sumber asam folat lainnya.

Dalam American College of Obstetriticians and Gynecologists merekomendasikan agar wanita dewasa mengkonsumsi sekitar 400 mcg asam folat per hari selama menstruasi. Selain berguna untuk menambah darah, asam folat juga berguna untuk memperbaiki blok bangunan dasar sel pada fungsi DNA normal.

  1. Konsumsi Vitamin A

Vitamin A atau retinol menjadi tips menambah darah berikutnya karena bisa mendukung pengembangan sel induk sel darah merah pada sumsum tulang sekaligus memastikan jika sel darah merah bisa mengakses zat besi cukup untuk proses hemoglobin. Beberapa makanan tinggi vitamin A yang bisa dikonsumsi diantaranya adalah labu, ubi jalar, sayuran berdaun hijau, paprika merah dan beberapa jenis buah seperti aprikot, jeruk bali, plum, semangka dan juga melon.

Sponsors Link

  1. Lakukan Latihan Setiap Hari

Latihan sangat baik dilakukan untuk meningkatkan sel darah merah yang rendah, mengatasi gejala darah rendah sekaligus menyehatkan fisik dan juga mental. Beberapa latihan penting untuk kardiovaskular seperti berenang, lari dan juga koging sangat baik dilakukan untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Olahraga juga sangat dibutuhkan agar tubuh bisa mendapatkan jumlah oksigen yang cukup.

  1. Hindari Kebiasaan Buruk

Tips menambah darah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menjauhi berbagai kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol. Merokok bisa mengganggu aliran darah karena akan menyempitkan aliran darah sekaligus membuat konsistensi darah semakin kental. Saat ini terjadi, maka darah tidak dapat dialirkan secara baik sehingga aliran oksigen nantinya juga akan terhambat.

Selain itu, minum alkohol terlalu berlebihan juga bisa membuat darah semakin mengental dan semakin lambat, mengurangi oksigen, mengurangii produksi sel darah merah dan juga menghasilkan sel darah merah namun dalam keadaan yang belum matang.

  1. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Mengkonsumsi makanan tinggi akan vitamin C bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap lebih banyak zat besi sekaligus meningkatkan produksi sel darah merah sehingga harus dikonsumsi secara teratur setiap hari.

  1. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Alkali

pH darah alami bisa saja membentuk asam yang mengakibatkan keseimbangan menjadi terganggu karena terlalu asam yang nantinya bisa merusak dinding arteri. Kurangi segala jenis makanan olahan, gula, soda dan juga daging dalam asupa sehari hari sekaligus menambah asupan alkalin ke dalam tubuh. Beberapa jenis makanan alkalin yang bisa dikonsumsi diantaranya adalah:

ads

  • Buah buahan penambah darah: Alpukat, jeruk, lemon, kelapa segar dan jeruk bali.
  • Legum basa: Kacang navy, lentil dna kedelai.
  • Kacang dan biji bijian: Biji labu, almond, kecambah dan wijen.
  1. Hindari Menggunakan Penyegar Udara

Berbagai produk penyegar udara mengandung bahan berbahaya yang bisa masuk ke dalam aliran darah saat terhirup atau diserap lewat alveoli pada paru paru. Dalam penyegar udara mengandung bahan bahan yang bisa menyebabkan kanker, gangguan hormon pada pria dan juga mutagen yang bisa merusak genetik sekaligus menurunkan sel darah merah sehat dalam tubuh.

  1. Minum Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya sudah digunakan selama bertahun tahun untuk meningkatkan produksi darah dan membersihkan arteri sekaligus memiliki sifat anti inflamasi. Lidah buaya juga mengandung asam amino, enzim, klorofil, mineral serta vitamin yang bisa membangun darah dalam tubuh.

  1. Bersihkan Organ Limpa

Tips menambah darah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memberi nutrisi yang dibutuhkan limpa. Limpa merupakan organ yang bertanggung jawab untuk produksi sel darah merah sehat sekaligus menjaga cairan dalam sistem. Apabila kondisi limpa tidak sehat maka menjadi faktor utama penyebab darah rendah atau anemia.

Ada beberapa makanan khusus yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan limpa sekaligus sebagai makanan penambah darah untuk ibu hamil seperti labu dan makanan berwarna oranye lainnya, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan sayuran bercita rasa sedikit pahit seperti arugula dan selada romaine.

  1. Konsumsi Probiotik

Cara alami untuk menambah darah berikutnya bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan untuk lewat asupan probiotik. Kesehatan usus sangat penting untuk penyerapan nutrisi, jika pencernaan tidak bekerja dengan baik, maka proses penyerapan serta asimilasi nutrisi tidak akan berjalan dengan benar khususnya untuk menyerap zat besi.

Meski mengkonsumsi suplemen zat besi bisa dilakukan, namun banyak orang yang memiliki sistem pencernaan tidak sehat karena memiliki kondisi sindrom usus bocor. Leaky gout atau sidnrom usus bocor ini menyebabkan tubuh tidak dapat menyerap zat besi dengan baik dan juga beberapa jenis mineral serta vitamin tertentu seperti seng, vitamin B12 dan magnesium. Anda bisa mengkonsumsi yogurt, susu kambing dan juga kefir.

  1. Kurangi Stress

Stress berlebihan, marah, kecemasan, emosi dan berbagai gangguan lainnya bisa memperberat kerja limpa dan juga hati yang nantinya juga akan menurunkan kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah sehat. Pastikan anda melakukan relaksasi dan sedikit bersenang senang setiap minggu serta jangan lupa juga untuk tidur cukup saat malam hari.

  1. Konsumsi Hati Sapi

Dalam hati sapi mengandung vitamin B12 dan juga zat besi serta berbagai mineral penting lain yang sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan produksi darah sehat. Usahakan juga untuk memilih hati sapi yang diberi makan rumput agar kandungan gizinya bisa lebih tinggi.

Sponsors Link

  1. Jus Apel dan Bit

Apel memiliki kandungan zat besi tinggi dan bit menjadi sayuran penambah darah yang mengandung asam folat, kalium dan juga serat tinggi. Kombinasi kedua bahan alami ini sangat baik dikonsumsi untuk menambah darah secara alami. Bagian terpenting dalam bit adalah dibagian bawah kulitnya sehingga saat memasak bit pastikan untuk memasaknya bersama kulit dan baru dikupas saat sudah matang.

  • Campur 1 gelas jus apel dengan 1 gelas jus bit kemudian tambahkan 2 sendok teh madu dan minum sebanyak 2 kali sehari.
  1. Konsumsi Biji Wijen

Tips menambah darah lainnya bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi wijen lebih banyak. Wijen putih ataupun wijen hitam merupakan sumber zat besi tinggi yang bisa dikonsumsi untuk menambah darah.

  • Rendam 1 sendok teh wijen dalam air selama 2 jam kemudian saring dan haluskan hingga menjadi pasta.
  • Tambahkan dengan 1 sendok makan madu kemudian aduk hingga rata dan konsumsi dua kali sehari.

Tips menambah darah yang sudah kami berikan diatas bisa anda lakukan secara teratur untuk menjaga produksi darah anda agar selalu sehat. Pastikan tubuh anda tidak kekurangan beberapa mineral dan nutrisi penting seperti zat besi, seng, asam folat dan beberapa jenis vitamin lain sekaligus jauhi gaya hidup yang tidak sehat dan olahraga dengan teratur agar jumlah sel darah sehat dalam tubuh bisa ditingkatkan.

Sponsors Link
, , , , ,