Sponsors Link

2 Titik Pijat Untuk Menurunkan Darah Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui

Sponsors Link

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja. Namun kelompok usia dewasa mempunyai tingkat risiko menderita hipertensi lebih besar seiring dengan bertambahnya usia. Namun dalam beberapa kasus, penyebab darah tinggi karena faktor genetik dan usia juga banyak dialami kelompok usia muda. Penderita hipertensi juga berpotensi terkena serangan jantung, stroke hingga gagal ginjal. Bahkan hipertensi menduduki peringkat pertama sebagai penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

ads

Tekanan darah tinggi akibat stress, asupan garam yang berlebihan hingga tekanan darah tinggi akibat kurang tidur  dapat membahayakan kesehatan penderita hipertensi. Pada kondisi stres, otot-otot menjadi tegang dan pembuluh darah pun mengencang. Akibatnya aliran darah meningkat secara tidak wajar sehingga tekanan darah meningkat yang ditandai dengan gejala darah tinggi. Diantaranya seperti sakit kepala, jantung berdebar, mudah lelah, sulit berkonsentrasi, badan bergemetar dan sebagainya. Jika mengalami gejala-gejala tersebut tidak berarti juga tekanan darah Anda tinggi. Untuk lebih memastikannya, Anda dapat berkonsultasi pada dokter karena darah tinggi tidak mempunyai gejala yang pasti. Setiap orang yang menderita darah tinggi mempunyai gejala-gejala yang berbeda.

Gejala darah tinggi ini pun dapat datang sewaktu-waktu sehingga membutuhkan penanganan yang cepat serta tepat. Untuk mengatasi gejala-gejala tersebut Anda dapat menggunakan teknik pijatan alami. Tubuh memiliki dua titik utama yang harus dipijat untuk menurunkan atau mengurangi tekanan darah tinggi. Berikut titik pijat untuk menurunkan darah tinggi yang perlu Anda ketahui.

  • Titik Pertama, titik satu ini meliputi area kepala bagian tengah atau ubun-ubun menuju ke tengah otot tulang leher. Sebenarnya pada area ini terdapat titik-titik sensitif sehingga tidak boleh dipijat atau ditekan terlalu keras. Oleh sebab itu, Anda cukup menekannya dengan pelan menggunakan ujung jari tangan. Anda dapat mulai dari area ubun-ubun lalu diurut ke belakang menuju bagian tengah leher. Lakukan pijatan ini sebanyak 10 kali pada satu arah dan 10 kali dengan arah berlawanan.
  • Titik Kedua, titik ini berada di wajah dekat telinga atau telinga bagian bawah tempat anting-anting. Anda dapat memijat titik ini dengan ujung jari selama 1 menit di masing-masing sisinya.

Setelah melakukan pemijatan pada kedua titik tersebut, tekanan darah akan menjadi normal kembali. Penting untuk mengetahui titik tempat aliran darah pada otot dan jaringan tubuh. Hal ini berkaitan dengan timbulnya suatu penyakit berasal dari titik-titik tersebut sebagai akibat ada aliran darah tertentu yang terganggu. Cara untuk menormalkan aliran darah tersebut adalah dengan menggunakan pijat refleksi atau akupresur.  Dengan memijat titik-titik tertentu pada tubuh tentunya dapat melancarkan kembali aliran darah yang terganggu tadi.

Itulah titik pijat untuk menurunkan darah tinggi yang perlu Anda ketahui. Dengan melakukan pijatan pada titik-titik refleksi darah tinggi di atas diharapkan tekanan darah dapat terkontrol dengan baik. Jangan lupa imbangi pijatan dengan olahraga teratur dan penerapan gaya hidup sehat supaya penyakit hipertensi dapat teratasi. Tambahkan juga sayuran penurun tekanan darah dan buah penurun darah tinggi dalam menu makanan sehat Anda. Jangan lupa konsumsilah obat herbal darah tinggi seperti kemangi, kayu manis dan basil yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat.

Sponsors Link
, , ,