Sponsors Link

9 Vitamin Penambah Darah yang Wajib Kamu Coba

Sponsors Link

Vitamin penambah darah ini bisa menjadi pilihan anda dalam usaha menambah darah. Tubuh dengan kondisi kekurangan darah, tepatnya sel darah merah, disebut degan anemia. Sel darah merah, sebagaimana kita ketahui, berfungsi untuk membawa dan menyebarkan oksigen ke berbagai organ di dalam tubuh Anda. Maka bisa dibayangkan, bagaimanajadinya jika tubuh anda kekurangan darah? Siapa yang akan membawa oksigen ke berbagai organ? Oleh karena itu juga, kekurangan darah bisa berisiko fatal terhadap diri Anda.

ads

Untuk mencegah terjadinya kekurangan darah atau anemia pada diri, Anda harus memperhatikan nutrisi dari asupan yang sehari-hari dikonsumsi. Misal, perhatikan besaran nutrisi seperti vitain B, zat besi, vitamin E, vitamin C, dan yang lainnya.

Sebelum kita berbicara tentang produk vitamin yang bisa menambah darah, sebaiknya kita pahami dulu nutrisi-nutrisi atau vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk menambah darah di dalam tubuh Anda.

Pertama, tubuh membutuhkan vitamin B untuk menambah darah di dalam tubuh. Berdasarkan pada the National Heart, Lung and Blood Institusi (Institusi Jantung, Paru-paru, dan Darah Nasional), tubuh Anda membutuhkan vitamin B-12 dan asam folat untuk memproduksi sel darah merah. Mengonsumsi vitamin B-6 secara cukup dapat menciptakan bentuk tepat dari hemoglobin, yaitu komponen sel darah merah yang bertugas menyebarkan oksigen. Lantas, vitamin B-12 sendiri bisas kita dapatkan dari daging-dagingan, akanan seafood, susu, telor, dan sereal. Atau bisa juga dari makanan vegetarian yang diperkuat dengan B-12. Sedangkan untuk asam folat, Anda bisa mendapatkannya dari sayur-sayuran berdaun hijau, kacang, telur, pisang, jeruk, brokoli, dan sejumlah makanan lainnya yang kaya akan asam folat. Anda bisa mendapat lebih dari vitamin B6 dengan menambahkan daging, seafoof, biji-bijian, telur, kacang kedelai, kacang, kentang, dan makanan bernutrisi serupa lainnya di dalam menu makanan Anda.

Kemudian, yang kedua, untuk menambah darah, tubuh Anda memerlukan vitamin C dan E. kedua vitamin ini merupakan komponen penting dari proses produksi sel darah merah. Viamin C membantu tubuh untuk menyerap zat besi, yang mana zat besi adalah komponen utama dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin C sendiri bisa tubuh Anda dapatkan dari makanan seperti jeruk, buah anggur, kiwi, strobe, semangka, brokoli, lada, rebung, tomat, cabe, kentang, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk vitamin E, Anda bisa mendapatkannya dari hati, telur, kacang, semacam kacang almond, biji bunga matahari, minyak sayur, sayuran berdaun hijau, alpukat, dan beberapa lainnya.

Ketiga, vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menambah darah di dalam tubuh adalah zat besi. Secara teknis, zat besi termasuk ke dalam jenis mineral, bukan vitamin. Zat besi adalah unsur utama dalam proses produksi sel darah merah. Zat besi merupakan bagian esensial dari molekul hemoglobin di dalam sel darah merah. Ia bertugas untuk menyebarkan oksigen ke oragan dalam tubuh lainnya. Zat besi bisa Anda peroleh dengan memakan makanan yang kaya akan protein seperti daging ayam, daging sapi, seafood, tofu, kacang, sayuran, dan lain sebagainya. Saking pentingnya nutrisi ini, jika tubuh Anda kekurangan zat besi, sudah bisa dipastikan dokter akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen zat besi.

Berikutnya, yang keempat, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menambah darah adalah Erythropoiesis (stimulating afents). Erythropoietin adalah gabungan yang dibuat oleh ginjal di mana memberi tandaa pada tulang yang rusak untuk memproduksi sel darah merah. Biasaya, ketika oksigen rendah, ginjal Anda akan mendorong kerja erythropeitan sehingga sel darah merah akan tetap terproduksi dan bisa mengalirkan oksigen.namun, jika Anda tengah menjalani perawatan kemoterapi, atau mempunyai masalah ginjal, maka berhati-hatilah dengan erythroplesis.

Sponsors Link

Pemaparan di atas, secara umum adalah viamin yang dibutuhkan untuk menambah darah bagian sel darah merah. Kita ketahui sebelumna, darah terdiri dari beberapa bagian, sel darah putih, seldarah merah, dan platelets. Maka, jika hendak mengonsumsi vitamin untuk menambah darah, kita mesti tahu secara spesifik bagian dara mana yng ditambah oleh vitamin tersebut. Meski demikian, kebanyakan dari vitamin di atas juga sama-sama mampu menambah darah pada bagian darah lainnya.

Vitamin penambah darah itu ada banyak sekali macamnya. Macam-macam vitamin untuk penambah darah harus dipergunakan sesuai dalam mengonsumsinya dengan anjuran dokter. Jadi anda tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsinya meskipun vitamin untuk penambah darah di apotik sangat mudah didapatkan. Sebelum kit amembahas lebih alnjut apa saja vitamin untuk penambah darah yang bagus sesuai anjuran dokter, kita kilas balik dulu leih dalam apa yang disebut dengan kekuragan darah sehingga kita membutuhkan vitamin untuk penambah darah.

Kekurangan darah merupakan sebuah penyakit di mana tubuh kekurangan jumlah darah, baik itu sel darah merah atau hemoglobin, atau pun juga kekeurangan jumlah bagian darah yang lainnya. penyebab terjadinya kekurangan darah paling umum adalah terjadinya pendarahan berleihan, terjadinya hemolisis ( kerusakan sel darah mera ), dan produksi sel darah yang tidak efektif. Seseorang bisa dikatakan kekurangan darah apabila jumlah konsentrasi bagian dalam darahnya (hemoglobin atau sel darah putih atau platelets) rendah. hal ini bisa saja disebabkan karena hamil, kelainan darah (thalasemia), pendarahan yang berlebihan karena luka atau masturbasi dan melahirkan pada perempuan.

Seseorang yang kekurangan darah bisa dikenali baik dari ciri-ciri luar yang tampak pada fisiknya maupun gehjala-gejala yang dirasakan sendiri oleh si penderita. Beberapa ciri-cirinya bisa dilihat dari, misal, mengalami 5l, yakni lelah, letih, lesu, lemah, lunglai. Kemudian mengalami peningkatan detak jantung yang tak stabil, tidak bergairah, kepala sering pusing dan mata berkunang-kunang, mudah ngantuk, kulit wajah terutama pada bagian kunjuktiva mata terlihat pucat, dan mengalami penurunan daya tahan tubuh.

Sekarang mari kita lihat, vitamin apa saja yang bisa menambah darah di dalam tubuh.

1. Spirulina Plus

Vitamin ini berupa tablet. Spiruna Plus menggunakanspiruna platensis sehingga baik dikonsumsi bagi yang memiliki anmia.selain bagi vitamin penambah darah, spiriluna plus tablet juga dapat mengobati gangguan kondisi kesehatan seperti masalah saluran pencernaan, lambung, hipertensi, hiperlipidemia, penyakit hati, dan diabetes. Spiriluna plus tablet 100% spiriluna platensis halus dan menggunakan nano-ultra, berbenuk molekul berdiameter kecil sehingga mudah diserap oleh tubuh.

Sebagai pilihan dari suplemen dan vitamin penambah darah yang paling bagus, produk spirulan plus tablet ini dapat engan cepat membantu mengingkatkan kada hemoglobin. Dengan kandungan zat besi dan vitamin B yang sangat tinggi. Ada juga chloro heme dan sifat anti oksidannya, spirulina plus tablet ini menjadi bantuan yang luar biasa guna mencegah dan bahhkan mengatasi anemia sebab khasiatnya memang untuk menambah darah.

Spirulina mengandung juga Phycocyanin dan phytonutrisi yang telah ditunjukkan dalam studi hewan untuk merangsang sumsum tulang unuk memproduksi sel-sel darah lebih efektif. Spirulina juga dianggap sebagai sumber yang kaya vitamin, mineral, dan asam amino. Selain itu, spirulina dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memfasilitasi penghapusa racun yang telah dikumpulkan di dalam tubuh.

Spirulina plus telah diuji dalam sebuah penelitian. Hasilnya, para peneliti telah menemukan bahwa spirulina memiliki segudang manfaat untuk darah dan sistem peredaran darah. Salah satu temuan yang paling menarik adalah bahwa spirulina plus tablet dapat membantu menyelesaikan masalah luas dari anemia, yang merupakan masalah umum di kalangan masyarakat yang rentan, termasuk anak anak, wanita, terutama usia subur, orang tua, dan mereka yang memiliki masalah kekebalan tubuh. Kekurangan oksigen yang disebabkan oleh anemia dapat memnyebabkan kelelahan, kelemahan, sesak napas, dan pusng. Di situla spirulina plus tablet menjadi solusinya.

Kekurangan sel darah merah atau anemia kita tahu dapat disebabkan leh kekurangan zat besi. Spirulina platesis yang terkandung di dalam vitamin ini dappat menjadi sumber alami yang kaya akan zat besi. Spirulina platensis tidak hanya tinggi zat besi, melainkan juga telah terbukt memiliki ketersediaan gandum. Ini berarti bahwa tubuh mampu menyerap lebih banyak zat besi dari spirulina daripada dari sumber-sumber makanan lainnya. para peneliti di Montpellier, Prancis, menemukan bahwa konsumsi zat besi Spirulina menyebabkan keersediaan bersi 6,5 kali lebih tinggi dari konsumsi daging sapi.

Komposisi spirulina plus table adalah bahan herbal alami yang diolah secara modern dengan teknologi tinggi yang berstandar internasional oleh World Nutrition ( Tianjin ) & health food Co, Ltd – china.

ads

2. Novabion

Novabio merupakan vitamin atau suplemen berikutnya yang bisa menambah darah dalam tubuh anda. novabion berupa kapsul. Komposisinya terdiri dari 250 mg Ferrous gluconate atau setara dengan 28,95 mili gram zat besi, 0,2 mg manganese sulfate, 0,2 mg copper sulfate, 50,00 mg vitamin C, 1,0 mg folic acid, dan 7,5 mg vitamin B12.

Cara kerjanya, vitamin dan mineral yang terkandung di dalam novabion dapat membantu proses pembentukan hemoglobin dan sel darah merah. Dosis penggunaannya adalah 1 kapsul per hari, bisa dikonsumsi sesudah maupun sebelum makan. Perlu diperhatikan juga efek samping dari nobaion ini adalah konstipasi, diare, mual, muntah, dan nyeri perut.

3. Nat B

Vitamin atau suplemen penambah darah yang satu ini barangkli bisa anda coba. Nat B merupakan suplemen makanan yang di dalamnya terkandung nutrisi lengkap vitamin B. sebenarnya semua suplemen atau vitamin untuk penambah darah memiliki vitamin B lengkap. Tapi, tidak setiap produk memiiki formula dan takaran yang pas. Nat B memeiliki formula sempurna dan berbeda dari suplemen penambah darah pada umumnya. Setidaknya begitu yang tertera dalam penjelasan produk vitamin satu ini. formula Nat B sudah teruji secara klinis mampu menormalkan kembali tekanan darah rendah serta membantu pertumbuhan sel darah merah sehingga mampu mengatasi gejala anemia.

Beberapa khasia lain yang terkandung di dalam Na B di antaranya adalah membantu memperbaiki sistem saraf, mengobati defisiensi vitamin B, membantu meningkatkan sistem imun, membantu pertumbuhan sel darah merah, membantu mencegah dan mengatasi depresi atau stress kronis, serta membantu memelihara kesehatan jantung.

Sementara itu, untuk lebih lengkapnya terkait dengan vitamin B kompleks yang berperan penting daam emnambah darah adalah sebagai berikut. Vitamin B1 (Thiamine) berfungsi membantu mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energy, membantu menjaga fungsi jantung, saraf dan sistem pencernaan. Vitamin B2 atau Riboflavin membantu dalam metabolism lemak, karbohidrat, dan protein. Vitamin B3 atau Nicotinamide membantu metabolism karbohidrat menjadi energy. Vitamin B5 atau Panthotenic acid berfungsi membantu metabolism karbohidrat menjadi energy dan membantu pembentukan sel darah merah. Vitamin B6 atau Pyridoxine berfungsi membantu meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan pembentukan homocysteine, dan menjaga sistem imun. Vitamin B7 atau Biotin berfungsi membantu sintetisa lemak dan glukosa serta mengontrol pembelahan sel, menjaga konsentrasi gula darah dari protein, membantu mentransformasi asam amino menjadi protein, dan membantu menjaa kesehatan kuku serta rambut. Vitamin B9 atau Folic Acid membantu memproduksi dan memelihara sel baru, replica DNA. Vitamin B12 atau Cyanocobalamin membantu pembentukan sel darah merah, menjaga fungsi sistem saraf, membantu metabolism sel tubuh, dan membantu proses sintesa DNA.

4. Cyano Spirulina

Vitamin berikutnya yang bisa menambah darah anda adalah cyano spirulina. Vitamin ini mrupkan produk yang dikhususkan untuk memberikan asupan gizi yang cukup pada seseorang yang membutuhkan gizi karena kekurangan gizi. Maka tidak heran jika cyano spirulina sering dipakai oleh bayi untuk membentu masa prtumbuhan bayi dan anak. Sesuai dengan namanya, cyano spirulina tebuat dari bahan herbal spirulina. Spirulina merupakan tanaman herbal yang berkhasiat sebagai sumber nutisi, gizi, dan vitmin. Bahka badan kesehatan dunia WHO memberi gelar spirulina sebagai sumber makanan terbaik yang memiliki banyak khasiat.

Di dalam vitamin ini tercatat kandungannya adalah sebagai berikut; mengandung kabohidrat, protein, vitamin, minerl dan 4 pigmen alami, yaitu betakaroten, klorofil, xantoil, dan fikosianin, kaya akan zat besi 60 sampai 68 kali disbanding dengan bayam, antioksidan beta karoten 25 kali lebih besar dibandingkan wortel, kalsium, vitamin B komplek, klorofil dua kali lebih besar disbanding alfalfa, gama linoleat, vtamin E, mineral kalsium, omega 3, Super Oxyde Dismutase, antioksidan, Phytonutrient, dan neutraceutical.

5. QnC Jelly Gamat

Vitamin untuk penambah darah berikutnya adalah Qnc Jelly Gamat. Vitamin ini merupakan produk herbal terkini dan asli buatan Indonesia yang diracik dari bahan-bahan alami piliha. Diproses modern berstandar sehingga layak dikonsumsi sebagai vitamin herbal penambah darah tradisional ataupun sebagai suplemen alami bagi semua kalangan masyarakat. QnC Jelly Gamat berbahan dasar ekstrak teripang emas atau gamat laut. Bahan dasar ekstrak teripang ini megandung omega, kolagen, vitamin maupun mideral, serta zat gizi lainnya. selain itu, vitamin ini bisa dikonsumsi oleh semua usia, mulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa bahkan oleh untuk ibu hamil dan menyusui.

6. Tonikum Bayer

Vitamin berikutnya adalah Tonikum Bayer. Vitamin  satu ini ada yang berupa sirup, ada juga yang berupa kaplet. Di dalamnya, terkandung zat besi, seng, kalsium, vitamin B, vitamin C, dan mangan. Semuanya punya peran dalam meningkatkan kadar darah dalam tubuh. Zat besi mampu membantu mempercepat embentukan sel darah merah atau hemoglobin. Tonikum Bayer sangat mudah ditemukan di apotik-apotik. Harganya berkisar antara Rp 13.000 hingga Rp 26.000. untuk yang sirup, harga tergantung dari pada ukuran botolnya. Salah satu kelebihan lain dari obat ini, ibu hamil dan ibu menyusui dibeperbolehkan untuk meminumnya karena Tonikum Bayer aman bagi mereka. Bahkan banyak yang menganjurkannya berkenaan dengan khasiat Tonikum Bayer lainnya yang bisa memulihkan kondisi ibu hamil dan menyusui serta memperlancar ASI.

7. Sakatonik Liver

Vitamin untuk menambah darah berikutnya adalah Sakatonik Liver. Vitamin satu ini merupakan suplemen yang tersusun dari vitamin B1, vitamin B6, nikotinamid, Ca-pantotenat, Na-hipopospat, Mn-sulfat, ferro-sulfat, dan multivitamin. Sakatonik Liver berkhasiat untuk menambah darah atau memberikan mineral yang membantu proses pembentukan sel darah merah yang baru. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat untuk mengatasi gejala letih dan juga lesu. Dosis yang digunakan pada sakatonik liver sama dengan tonikum bayer, 1 kali (5 ml) dalam sehari. Sakatonik liver juga tidak susah ditemukan di apotik-apotik. Untuk sakatonik liver 100 ml dibandrol dengan harga Rp 8.900 dan untuk yang 310 ml, harganya Rp 27.000.

8. Sangobion

Sangobion adalah vitamin berjenis kapsul. Yang terkandung di dalamnya adalah ferrous gluconate 250 mg, manganese sulfate 0,2 mg, cooper sulfate 0,2 mg, vitamin C 50 mg, asam folat 1 mg, vitamin B12 7,5 mcg, dan sorbitol 25 mg. Semuanya sangat berkhasiat untuk megatasi defisiensi pembentukan sel darah merah dan mengatasi kekurangan zat besi yang menjadi penyebab utama anemia. Sangobion sangat mudah ditemukan di apotik. Di Indonesia, sangobion telah begitu popular. Tidak sedikit publik yang memilih obat ini sebagai asupan penambah darahnnya. Jika tidak salah, harga sangobion hanya Rp. 9.200 per satu strip. Satu stripnya berisi 10 kapsul.

9. Hufabion

Hufabion lebih terkenal sebagai salah satu vitamin untuk penambah darah bagi ibu yang baru melahirkan, ibu yang tengah mengandung, atau ibu yang sedang dalam massa menyusui. Selain itu, hufabion juga sangat cocok menjadi pilihan anda yang sedang datang bulan. Hufabion mengandung banyak zat besi dan berbagai multivitamin lainnya yang mana tentunya dapat membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah. Vitmain ini cukup mudah ditemukan di apotik- apotik di seluruh Indonesia. Vitamin yang satu ini harganya sangat terjangkau, yaitu Rp 3.200 untuk satu strip.

Sponsors Link

Setelah anda mengetahui beberapa contoh vitamin yang bisa anda konsumsi untuk sebagai suplemen penambah darah, anda harus faham juga kapan atau kondisi apa yang membuat anda harus menggunakan vitamin tersebut. Anda ketahui sebelumnya, suplemen penambah darah yang engandung zat besi, asam folat maupun vitamin B12 serta mikronutrien lainnya mampu membantu anda mengatasi anemia atau penyakit kekuangan sel darah merah, dalam kata lain artinya menambah darah anda. tidak hanya membantu mengatasi saja, suplemen penambah darah juga dapat mencegah anda dari anemia tersebut.

Tapi, pada kenyataannya tidak semua anemia dapat diatasi hanya dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin-vitamin tersebut. Suplemen dan vitamin untuk penambah darah akan memberikan manfaat besar untuk mengatasi anemia yang disebabkan khusus oleh gangguan nutrisi seperti defisiensi zat besi, asam folat maupun vitamin B12.

Penanganan anemia atau kekurangan darah sendiri bergantung pada jenis, penyebab, dan tingkat keparahan anemia tersebut. Penanganan mencakup pada perubahan menu makan atau diet, pemberian suplemen atau vitamin, pengobatan hingga tindakka seperti operasi. Pada kasus-kasus anemia yang disebabkan oleh penyakit kronis, tentunya sangatlah penting untuk mencari penyakit yang mendasarinya. Contohnya anemia disebabkan oleh adanya luka di lambung maka perlu diobati luka lambungnya tersebut terlebih dahulu. Di sini suplemen hanya sebagai terapi tambahan saja. pada kasus anemia yang disebabkan oleh kelinan geneetik seperti anemia sel sabit atau talesemia membutuhkan transfuse darah atau dapat juga dipertindangan untuk tindangan operasi.

Vitamin atau suplemen penambah darah tentu dimaksudkan untuk menghindari kondisi kekurangan darah. Sementara itu, nutrisi yang dibutuhkan untuk menambah darah itu adalah zat besi. Jadi, vitamin atau suplemen penambah darah yang sering dugunakan adalah suplemen zat besi untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Suplemen zat besi merupakan cara terbaik untuk mengembalikan kada zat besi di dalam tubuh seseorang yang mengalami kekurangan zat besi. Namun, meski demikian, suplemen zat bsi tidak dapat mengatasi kekurangan darah yang bukan disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Penggunaan vitamin atau suplemen zat besi ini sebaiknya berada di bawah pengawasan dokter. Penggunaan  vitamin secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan zat besi di dalam darah yang akhirnya dapat menimbulkan gangguan keseatan seperti gangguan pada jantung dan lain sebagainya. Kemudian, terdapat dua bentuk suplemen zat besi yaitu ferrous dan ferris. Zat besi ferrous lebih mudah diserap dan merupakan pilihan suplemen zat besi dalam bentuk tablet. Terdapat tiga jenis ferrous yakni ferrous furnarate, ferrous sulfat, dan ferrous glukonat. Biasanya, satu tablet vitamin bisa mengandung 325 mg zat besi.

Lantas pada anemia atau kekurangan akibat defisiensi zat besi, suplemen penambah darah tetap diberikan hingga 6 bulan meskipun anemia sudah kembali normal. Selain itu, selama pengobatan perlu dilakukan pemeriksaan darah (hemoglobin, kadar zat besi dalam darah) untuk memonitor kadar zat besi di dalam tubuh. Jadi, penting untuk anda sebelum mengonsumsi vitamin – vitamin atau suplemen guna menambah darah di dalam tubuh anda, paragraf- paragraf di atas ini telah memberikan alasan atau referensi terkait dengan kapan dan urgensi penggunaan vitamin penambah darah.

Anda bisa memanfaatkan berbagai vitamin yang beberapa contohnya di atas unuk menambah darah anda. menggunakan vitamin atau suplemen penambah darah ini tidak terlalu mahal biasayanya. Bahkan juga sangat murah dan sangat terjangkau oleh berbagai golongan masyarakat. ingat, punya penyakit kurang darah (anemia) dibiarkan. Punya darah tinggi dibiarkan. Punya kolesterol tinggi dibiarkan saja, tahu – tahu ketika jatuh sakit, sakitnya sudah parah sehingga sangat berat pengobatannya. Nah, melihat hal itu, vitamin- vitamin penambah darah di atas inilah bisa menjadi jalan untuk anda terhindar dari kekurangan darah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah