Sponsors Link

4 Vitamin Penambah Darah Untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

Sponsors Link

Ibu hamil memang memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk cepat lelah, sistem imun lemah, serta terserang berbagai penyakit. Hal ini wajar terjadi seiring perubahan hormon yang terjadi karena kehadiran janin pada tubuh sang ibu.

ads

Namun tentunya hal tersebut sebanding dengan harapan dan kebahagiaan yang didapatkan setelah dikaruniai sang buah hati. Oleh karena itu segala daya dan upaya dikerahkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Salah satu cara yang ditempuh untuk tetap menjaga asupan nutrisi pada ibu hamil adalah dengan memberikan vitamin penambah darah untuk ibu hamil.

Yuk kenali apa saja vitamin penambah darah atau vitamin untuk anemia yang cocok dan tepat untuk dikonsumsi ibu hamil, agar bayi dalam kandungan dapat berkembang dengan baik begitupula dengan kesehatan ibu yang tetap terjaga.

1. Asam folat

Vitamin yang seringkali diresepkan oleh dokter untuk ibu hamil yang pertama adalah asam folat. Kenapa nutrisi ini penting untuk ibu hamil? Ibu hamil khususnya di usia kandungan masih muda rentan dan rawan terkena berbagai penyakit termasuk di dalamnya spina bifida. Nah, asam folat ini berfungsi untuk melindungi ibu hamil dari penyakit tersebut serta menjaga bayi agar berkembang sehat.

2. Vitamin C

Vitamin C sebenarnya wajib dikonsumsi oleh semua orang namun pada ibu hamil hal tersebut sangat diperlukan untuk menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh ibu dan juga bayi. Vitamin C juga berfungsi dalam proses penyerapan zat besi. Sedangkan zat besi sendiri sangat untuk mengatasi penyakit anemia atau kurang darah yang seringkali terjadi pada ibu hamil.

3. Ikan

Ikan sangat baik untuk dikonsumsi sebagai penambah darah bagi ibu hamil. Selain itu ikan juga mengandung omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak janin. Oleh karena itu ibu hamil juga perlu mengkonsumsi ikan dalam jumlah cukup untuk memenuhi asupan omega 3 jika ingin perkembangan janinnya baik.

4. Vitamin B-12

Untuk memproduksi darah, tubuh membutuhkan berbagai macam vitamin dan juga zat selain asam folat dan juga vitamin C. Tubuh juga membutuhkan vitamin B-12 agar produksi darah dapat berjalan dengan normal dan kebutuhan darah dapat dipenuhi tubuh dengan baik. Begitupun pada ibu hamil, konsumsi vitamin B-12 akan sangat membantu mereka terhindar dari anemia defisiensi zat besi.

Sponsors Link

Beberapa bahan makanan yang mengandung vitamin B-12 dapat dikonsumsi ibu hamil karena bahan yang bersifat alami cenderung lebih aman dikonsumsi. Khususnya bagi ibu hamil yang rentan terkena penyakit.

Contoh makanan yang mengandung vitamin B-12 sendiri dapat ditemui pada hati, telur, kuning telur, yoghurt, havermut, atau dada ayam, oatmeal serta susu. Namun yang perlu diperhatikan adalah beberapa efek samping yang dapat muncul akibat konsumsi vitamin B-12 secara berlebihan seperti pusing, sakit kepala, dan juga mual.

Nah, itulah jenis-jenis vitamin yang harus diperhatikan oleh ibu hamil untuk menjaga agar darah mereka tetap berada dalam level normal mengingat pentingnya sel darah terutama fungsi sel darah merah dalam tubuh. Ada banyak tantangan yang akan dialami ibu hamil terutama pada smester awal, dimana kandungan masih dalam tahap proses awal berkembang.

Bekali diri anda dengan cara cepat menambah trombosit, cara mengatasi penyakit anemia maupun susu penambah trombosit yang merupakan salah satu komponen penting dalam darah.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup