Sponsors Link

15 Vitamin Untuk Anemia Paling Bagus

Sponsors Link

Penyakit anemia merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh sebagian besar orang. Terutama pada ibu hamil dan anak-anak. Oleh sebab itu, untuk mengatasi anemia, saat ini banyak perusahaan farmasi yang memproduksi berbagai merk vitamin untuk anemia.

ads

Selain perusahaan medis, tanpa kita sadari ada banyak sumber disekitar kita yang dapat secara alami berfungsi sebagai vitamin untuk anemia. Vitamin ini membantu suplai sel darah merah dalam darah sehingga terjadi keseimbangan sel darah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Vitamin juga merupakan salah satu cara mengatasi penyakit anemia.

 

Adapun anemia sendiri merupakan penyakit dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin pada sel darah mengalami defisiensi atau jumlahnya di bawah normal. Gejalanya secara umum yaitu sebagai berikut:

  • Mengalami Lelah, Letih, Lesu, Lemah, Lunglai
  • Detak jantung menjadi tidak stabil
  • Kepala merasa sangat pusing dan perut terasa mual
  • Pandangan gelap berkunang-kunang
  • Mudah sekali mengantuk
  • Kulit wajah terlihat pucat
  • Daya tahan tubuh sering menurun atau mudah terserang penyakit

Jika mendapati salah seorang anggota keluarga dengan gejala seperti yang disebut di atas, bisa jadi sedang terkena anemia. Hal ini perlu diperhatikan, mengingat dampak anemia dapat menjadi sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk membantu pemulihannya, maka berikut ini 15 merek vitamin untuk anemia yang beredar di pasaran dan dapat diberikan pada penderita anemia:

1. Sangobion

Vitamin ini memiliki bermacam-macam manfaat dan terutama untuk mengatasi anemia. Selain mengandung vitamin, sangobion mengandung zat besi untuk pertumbuhan sel darah merah. Oleh sebab itu, vitamin ini cocok dikonsumsi ibu hamil yang seringkali mengalami gejala anemia.

2. Hemobion

Vitamin ini mengandung preparat hematinic yang berfungsi meningkatkan hemoglobin dalam darah. Selain itu Hemobion juga mengandung asam askorbat, asam folat, kalsium, kolekalsiferol dan vitamin B12. Sehingga vitamin ini dapat melengkapi kebutuhan tubuh akan nutrisi yang penting.

3. Maltofer

Vitamin ini merupakan vitamin untuk anemia yang berupa tablet kunyah dengan rasa yang manis. Pengunaannya selain praktis juga mudah ditemukan di toko obat. Selain itu maltofer telah terbukti berguna maksimal untuk pengobatan anemia.

Sponsors Link

4. Ferofort

Vitamin untuk anemia yang stu ini seringkali diresepkan untuk perawatan anemia dengan keluhan tambahan seperti radang sendi.Setiap kapsulnya mengandung vitamin C, folid acid, zat besi dan vitamin B. Untuk penggunaannya, vitamin keluaran Kalbe Farma ini, mencantumkan dosis yang sesuai di kemasannya. Oleh sebab itu sebaiknya jika mengkonsumsi vitamin ini sesuaikan dengan dosis yang tertera.

5. Sakatonik Liver

Vitamin yang satu ini telah dikenal oleh masyarakat luas. Selain berfungsi untuk penambah darah, vitamin ini juga berfungsi untuk menambah nafsu makan. Kandungannya berupa vitamin B, Mn-Sulfat dan Ferro-Sulfat. Vitamin ini biasa beredar dalam bentuk sirup multivitamin penambah darah.

6. Neurosanbe

Vitamin ini merupakan jenis vitamin B kompleks yang dapat berfungsi sebagai vitamin penambah darah. Selain itu vitamin ini juga dapat berfungsi sebagai vitamin untuk mengoptimalkan kerja syaraf manusia. Untuk memaksimalkan khasiatnya terutama bagi penderita anemia aplastik, sebaiknya konsumsi makanan untuk penderita anemia aplastik.

7. Tonikum Bayer

Vitamin ini dijual bebas di toko obat dan biasa digunakan sebagai vitamin untuk anemia sejak lama. Vitamin ini dapat mengurangi gejala-gejala anemia seperti sering pusing ataupun pandangan berkunang-kunang. Selain itu dapat juga di gunakan untuk melancarkan ASI.

8. Nefrofer INJ

Vitamin ini biasa digunakan bagi pasien yang mengalami hemodialysis kronis. Vitamin ini biasa dikemas dalam bentuk injeksi dan biasa diresepkan di bawah pengawasan tenaga medis. Oleh sebab itu vitamin ini tidak diperjual belikan secara bebas tanpa resep dokter. Vitamin ini memiliki beberapa efek samping. Dan tidak sebaiknya digunakan untuk anak-anak maupun untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui.

9. Livron B-Plex

Livron B-Plex diproduksi oleh PT Phapros TBK dan berupa tablet bersalut gula. Vitamin ini berfungsi utama untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Sehingga tubuh memperoleh asupan zat besi yang maksimal untuk membentuk hemoglobin dalam darah. Oleh sebab itu vitamin ini cocok diberikan pada penderita anemia hiperkronik dan hipokromik. Vitamin ini dapat diberikan pada anak-anak maupun orang dewasa. 

ads

10. Hufabion

Vitamin yang satu ini berbentuk kapsul bewarna coklat. Di dalam kapusulnya mengandung zat besi, mangan, vitamin C, vitamin B12 dan folic acid. Oleh sebab itu vitamin ini sangat cocok diberikan untuk menstimulasi pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Hufabion cukup aman untuk digunakan mengatasi anemia pada ibu hamil dan anak-anak. Sebaiknya ibu hamil memperhatikan pantangan makanan untuk penderita anemia. Hal ini bertujuan untuk tidak memperparah kondisi anemia pada ibu hamil.

11. Emineton

Emineton merupakan vitamin yang diproduksi oleh PT Kalbe Farma. Gunanya yaitu sebagai suplemen penambah darah. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya berperan besar bagi produksi sel darah merah. Termasuk di dalamnya yaitu zat besi, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin C, Vitamin E, Folic acid, dan kalsium fosfat. Penggunaan emineton saat kehamilan dianjurkan mulai sejak dini. Karena di awal kehamilan janin membutuhkan sel darah merah untuk pertumbuhan.

12. Etabion

Etabion biasa diberikan pada wanita hamil sebagai pengobatan untuk anemia. Etabion mengandung ferro glukonat yang berfungsi mencegah anemia sehingga bayi dapat lahir dengan berat badan cukup. Etabion juga mengandung vitamin B12 yang membantu pembentukan sel darah merah yang baru. Bagi ibu hamil, vitamin ini sangat penting supaya nutrisi untuk janin dapat tercukupi. Sehingga pembentukan janin dapat maksimal.

13. Ferogoblin

Vitamin ini merupakan vitamin yang mengandung zat besi dan vitamin B untuk memaksimalkan suplai zat besi pada tubuh. Selain itu vitamin ini meningkatkan daya tahan tubuh. Tentunya karena asupan nutrisi harian kita tidak dapat secara maksimal memenuhi kebutuhan nutrisi penambah darah. Oleh sebab itu mengkonsumsi ferogoblin membantu memaksimalkan darah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga metabolism tubuh dapat bekerja secara maksimal.

14. Prenamia

Vitamin ini berbentuk kapsul dan biasa diresepkan untuk ibu hamil dan menyusui. Vitamin ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk mengatasi gejala anemia seperti wajah pucat, pandangan berkunang-kunang dan sering pingsan. Vitamin ini membantu suplai oksigen dalam darah sehingga ibu hamil memiliki cukup oksigen untuk aktivitasnya sehari-hari. Vitamin ini sebaiknya dikonsumsi 1 kapsul sehari dan sebaiknya diberikan bersama makanan atau berikan pada saat atau sesudah makan.

15. Ferospat

Ferospat merupakan vitamin penambah darah dengan rasa strawberry yang dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi pada ibu hamil dan pada para lanjut usia. Vitamin ini mudah diserap tubuh karena berupa larutan yang dapat diminum. Oleh sebab itu vitamin ini memiliki kelebihan berupa tidak mengiritasi saluran cerna dan tidak mengakibatkan konstipasi/sembelit seperti halnya vitamin penambah darah yang lainnya.

Demikian 15 vitamin untuk anemia. Jika ingin mengkonsumsi salah satunya, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Supaya sesuai tepat dengan kebutuhan dan minim efek samping.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Anemia